Wednesday, July 21, 2010

Mencari Pembantu Berstatus Istri

Ada seorang teman di facebook yang mengupdate status “pengen nikah biar ada yg nyuciin, masakin, mijetin dan trus nidurin” itu membuat saya bertanya dia sebenarnya mencari istri atau pembantu. Lalu dengan sangat entengnya dia bilang, "aku mencari pembantu yang berstatus istri". Jujur saja pernyataan dia ini melukai saya sebagai seorang wanita yang nantinya akan menjadi istri.


Apa ia wanita hanya dianggap pembantu gratisan yang kerjaannya beresin rumah, memasak, ngerawat anak dan melayani suami di malam hari? Hanya serendah itukah penghargaan suami terhadap istrinya?

Pada jaman seperti sekarang ini, tidak semua wanita mau mengabdikan seluruh hidupnya hanya menjadi seorang istri dan ibu, tapi juga menjadi wanita karier. Tak jarang penghasilan istri dapat membantu kelangsungan rumah tangga itu bahkan ada yang lebih besar dari penghasilan suami.

Banyak pria berpendapat bahwa kodrat wanita adalah merawat anak, memasak, nyuci baju ato merapikan rumah. Itu pandangan yang salah karna sebenarnya wanita hanya mempunyai 5 kodrat yaitu: menstruasi, mengandung, melahirkan, menyusui dan menopause dan pria mempunyai 1 kodrat yaitu membuahi. Kodrat itu adalah peran yang diberikan oleh Tuhan yang tidak bisa ditukar-tukar antara pria dan wanita. Sedangkan memasak, merawat anak ataupun merapikan rumah adalah stereotip yg dilekatkan pada istri atau wanita oleh masyarakat.

Toh pada kenyataannya, suami pun bisa membantu istri menjaga anak, memasak ataupun menyapu. Hanya terkadang terlalu gengsi untuk ikut melakukannya.
Bener kan?

Last update : 26 September, 2012

3 comments:

  1. setuju, kadang kalo pas mau minta bantuan hubby gak mau, aku teriakin aja "emang gw pembantu lu" minta tolong aja susah, hahaha kan kalau di bantuin jd cepat selesai dan bisa cepat kerjain yg lain

    ReplyDelete
  2. hahaha... padahal sepertinya yg ideal adalah kerja sama ya antara suami dan istri

    ReplyDelete
  3. @google-6a3b2d6a6b206e44c8c33588c8de430c:disqus kereeen.. tapi kalau punya usaha sendiri juga gak ngejamin bisa sering dirumah dan jd baka rumah tangga :'( bapakku tuh

    ReplyDelete

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.