Monday, October 31, 2011

Belajar Bahasa Kelinci

Ketika kita mempunyai hewan peliharaan, tentu saja beberapa diantara kita ingin bisa berkomunikasi dengan dia, walaupun sama-sama tidak memahami bahasa masing-masing, tetapi ada bahasa universal yang bisa kita pahami dengan naluri, yaitu bahasa tubuh.

Pada dasarnya kelinci adalah makhluk sosial, dia suka berteman dengan siapa saja, termasuk manusia, kucing bahkan anjing. Penting untuk diingat, seakrab apapun kelinci dengan kucing atau anjing, jangan pernah meninggalkan mereka tanpa pengawasan. Dikhawatirkan naluri predator kucing dan anjing itu muncul hingga membahayakan nyawa si kelinci.

Saya sangat menyukai kelinci, karena hewan itu sangat menggemaskan. Pada awalnya, saya memiliki banyak kesulitan untuk. memahami si kelinci. Kelinci adalah binatang “bisu”, dia tidak mengeong atau menggonggong untuk mengungkapkan maksudnya pada si pemilik. Namun, bila kita benar-benar bisa mengamati, kelinci sering sekali mengajak pemiliknya berkomunikasi.

Saya akan mencoba memberikan sedikit terjemahan bahasa kelinci, ini saya peroleh dari pengamatan sehari-hari terhadap kelinci-kelinci saya dan juga dari berbagai buku.


Kelinci menurunkan kepalanya hingga sejajar dengan lantai
Artinya kelincimu sedang ingin di elus, kelinci memang suka elusan terutama mulai dari hidung sebelah atas sampai daerah diantara kedua telinga dan juga telinganya secara perlahan dan lembut. Kelinci akan menganggap kamu sedang meng-groomingnya dan mungkin saja saat itu kelinci akan tertidur. Tapi apabila kelinci menurunkan seluruh badannya hingga sejajar dengan lantai, bisa jadi dia tengah ketakutan.


Menggeram
Artinya kelinci sedang dalam keadaan marah, kesal dan tidak mau diganggu.

Grooming atau menjilat kamu
Artinya kelinci sendang menunjukkan rasa sayangnya padamu, kadang kelinci juga akan menjilat benda-benda yang berbau kamu, misalnya pakaian yang sudah kamu pernah kenakan. Kelinci juga akan meng-grooming kamu sesaat setelah kamu selesai mengelusnya, itu sebagai balasan dari kelinci (saat saya tengah menulis ini, kelinci saya sedang meng-grooming saya). Jika kelinci terus-terusan menjilati kamu, bisa juga dia sedang haus, coba cek tempat minumnya dan isis kembali bila memang sudah habis. Saat kelinci meng-grooming kamu dan kamu menolak atau marah, maka sikap kelinci akan berubah, dia akan menjadi takut dan benci padamu, hingga dia bersikap nakal.

Gigi bergemeletuk seperti sedang mengunyah
Artinya kelinci sedang mengekspresikan bahwa dia sangat senang (sama seperti kucing yang mendengkur jika dielus). Kelinci akan membunyikan giginya saat kamu sedang memangku dan mengelusnya setelah kurang lebih 5 menit, terutama ketika kamu mengelus daerah kepala dan telinga. Kamu akan dapat merasakan si kelinci menggerakkan giginya saat kamu mengelus kepalanya, karena terasa seperti bergetar (seperti mengunyah). Jika bunyi gemeletuk gigi terdengar sangat kuat, artinya si kelinci sedang merasa sakit. Segera periksa apakah ada luka di tubuh kelinci (termasuk mulutnya) atau apakah si kelinci salah makan.

Menendang
Artinya kelinci sedang kaget, bingung atau muak dengan temannya atau bisa juga kamu. Dia juga akan mengibaskan telapak kaki belakangnya ke arahmu ketika dia melompat pergi darimu.

Melompat dengan cepat dan berjalan melingkari kakimu
Artinya dia sedang mengajak anda bermain dan menari, biasanya dilakukan pada pagi atau petang, saat-saat dimana kelinci paling aktif (kelinci tidur pada siang dan menjelang pagi). Dia juga akan melakukannya saat kamu membuka pintu kandang dan membiarkan dia bermain-main sebentar pada pagi hari. Berarti dia sangat senang melihat kamu kembali ada di dekatnya. Menyenangkan, bukan?

Berdengung (hanya terjadi pada kelinci jantan)
Artinya dia merasa 'romantis' pada kelinci-kelinci betina. Biasanya dia juga akan mengitari kelinci betina tersebut. Kelincimu sedang memasuki masa kawin, bila si betina tidak sedang dalam masa kawin juga, dia akan lari mengindari si jantan saat si jantan berdengung.

Menghentakkan salah satu kaki belakang ke lantai
Artinya, si kelinci menandakan ada bahaya (menurutnya), atau sedang marah besar (karena dilarang, kukunya dipotong, dimandikan, atau cemburu). Jika si kelinci memang sedang marah, ini merupakan tanda kemarahan yang paling serius.

Membelakangimu
Artinya dia sedang mengusir/marah pada anda. Biasanya karena anda terus-terusan mengganggunya, atau melakukan hal-hal yang tidak dia sukai. Kelinci saya sering memungguni saya ketika saya sedang kumat jahilnya, mengganggu acara tidur siangnya dengan suara-suara yang mengagetkannya.





Menggosokkan dagu pada benda
Artinya kelinci sedang menandai benda-benda tertentu sebagai miliknya (sama seperti kucing menggosokkan dahi pada benda-benda), ketika saya mencoba memindahkan benda yang sudah kelinci saya tandai, ternyata dia akan memberikan tanda ulang pada benda tersebut di posisi barunya.

Menjerit
Artinya kelinci merasakan sakit yang amat sangat (misalnya saat digigit temannya) atau saat dia sekarat.

Salah satu daun telinga diangkat ke depan, dan satunya lagi dilipat ke belakang sehingga terlihat ada jarak antara kedua telinga
Artinya kelinci sedang mengungkapkan rasa tidak suka/kesal/tidak nyaman/marah dengan cara paling halus. Makin besar jarak antara satu daun telinga dengan yang lain, makin besar 'intensitas' marahnya. Anda akan sering melihat si kelinci melakukan hal ini ketika kamu memaksa menggendong atau memandikannya (terutama kelinci yang tidak biasa dipegang).




Daun telinga dilipat ke belakang dan terlihat 'jatuh' mengenai punggungnya
Artinya kelinci sedang rileks, kamu akan sering melihat si kelinci melakukan hal ini ketika kamu sedang mengelus-ngelus kepalanya. Si kelinci juga akan menggerakkan gigi-giginya, sebagai ungkapan rasa senang.

Daun telinga merapat, dan masing-masing menghadap ke samping, jarak antara kedua kaki depan lebar
Artinya kelinci sedang marah. Ini dapat diikuti dengan penyerangan (agresif), yaitu gigitan, cakaran, dan tendangan.

Daun telinga menghadap ke depan
Artinya si kelinci sedang mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari daerah sekelilingnya. Telinga yang menghadap ke depan berfungsi sebagai "antenna parabola" untuk menangkap informasi-informasi tersebut. Perlu diketahui bahwa kelinci, sama seperti kucing, adalah hewan yang memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar dan akan melakukan apapun untuk memuaskan rasa tahunya tersebut, termasuk menceburkan diri ke dalam kolam.




Menggigit
Gigitan kelinci memiliki bermacam-macam arti. Jika si kelinci menggigit-gigit kamu dengan lembut, artinya dia sangat sayang pada anda. Dia akan menggigit sambil menjilati, atau saat dia sedang bermain-main dan mengitari kaki anda (ekpresi rasa gemas). Satu hal yang tidak disadari oleh si kelinci adalah: gigitannya itu terasa sakit bagi kita. Jika kamu merasa sangat terganggu dengan gigitannya, jangan pernah memukul kelinci atau membentaknya. Menjerit/ memekiklah dengan nada suara tinggi, tapi jangan berteriak. Kelinci menganggap suara jeritan/pekikan sebagai ekspresi rasa sakit, dan dia akan segera menghentikan kegiatan 'menggigitnya'. Kelinci saya pada awalnya sangat suka menggigit saya dengan cukup keras, tapi lama-kelamaan karena saya menunjukkan ekspresi kesakitan, kelinci saya sepertinya mulai mengerti dan kini gigitannya sudah tidak sesakit dulu. Jika si kelinci menggigit kamu setelah menggeram/merapatkan kedua telinganya, artinya si kelinci memang sedang marah dan mencoba memberitahukan pada kamu bahwa kamu telah mengganggunya. Si kelinci juga akan menggigit kamu jika anda menghalangi jalannya, agar kamu segera minggir dan tidak mengganggunya.

Binky atau tarian gembira (salto)
Merupakan ungkapan rasa sukacita yang paling "indah" dari kelinci. Si kelinci akan menggeleng-gelengkan kepalanya sambil berlari, kadang-kadang berlari dan melekukkan badannya ke samping (menari), dan tiba-tiba melompat dengan lompatan yang lebih tinggi dari biasa , kemudian terus berlari dan berputar. Terkadang, saat dia melompat, dia akan bersalto (mengarahkan badannya ke arah sebaliknya). Kelinci saya sering binky ketika saya keluarkan dia dari kandangnya.


60 comments:

  1. apakah kelinci yang sekarat saat berteriak masih bisa diselamatkan ?

    :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekaratnya karena apa dulu? biasanya kalau kelinci udah sekarat harus segera diberi pertolongan, kalau gak tau caranya lebih baik ke dokter. sekarang keadaannya bagaimana? semoga sudah sembuh ya :)

      Delete
    2. Terus kalo kelinci saya kenapa kok saya didekat kandangnya kelinci saya selalu mengejar ngejar saya? Terus dia menjilati kaki saya

      Delete
  2. kuping kelinci saya turun sebelah ...udah brapa hari tapi gak balik2 keawal ...kenapa yaaa?????

    ReplyDelete
  3. usia berapa kelincinya? jenis apa? mungkin kupingnya turun karena dia jenis lop, ada jenis lop saat kecil kupingnya tegak tapi usia 3 bulanan satu persatu kupingnya mulai turun.

    ReplyDelete
  4. Kelinci sy telinganya turun sebelah jenis dwarft hotot. Usianya sudah sekitar 4thn. Tp sy cek telinga dalam dan luar baik2 dan tdk ada benjolan atau luka. Begitu jg dgn bdnnya.. matanya jg sehat n bersinar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau begitu sih gak ada yang perlu dikawatirkan, mungkin dia cuma sedang merasa terganggu

      Delete
  5. mau nanya, kalo kelinci saya suka mengelus/ menggaruk pipinya dengan kakinya itu dia sakit nga yaa? :( dia jg suka ngelus telinganya dengan kakinya. normal ga ya? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sih normal, tapi coba dilihat ke dalam telinganya, pake senter biar keliatan. yang bahaya itu kalo dia suka geleng2in kepalanya, ada indikasi dia tumor. untuk lebih pastinya lagi lebih baik segera bawa ke dokter.

      Delete
  6. kelinci saya ko selalu gemetar yah,padahal sudah saya hangatin kandang nya sudah bersih juga ,setelah saya elus slalu mnjauh ,kenapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan kelincinya ketakutan, apa kamu baru mengadopsinya? bila iya mungkin sedang tahap penyesuaian :) tetap jaga dengan cinta dan perhatian ya

      Delete
  7. mba anakan kelinci anggora saya telinganya turun sebelah itu dikarenakan apa y bgmna mengobatinya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelinci saya dulu juga gitu kok, gak masalah sepanjang dia gak terus garukin telinga atau menggoyang goyangkan kepalanya terus menerus, bila seperti itu, sebaiknya hubungi dokter hewan.

      Delete
  8. Anak kelinci saya kita2 bru1 bulan habis diserang kucing, dibanting2 dan hampir dimakan, gak ada yg berdarah sih, cuma saya takut kalo ada patah tulang,. Sekarang kondisinya sekarat, masih nafas tapi gk bisa bangun/berdiri.. mau dibawa ke dokter, tapi disini gak ada dokter hewan. Ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo itu jalan satu satunya ya ke dokter hewan :( sedih dengernya..

      Delete
  9. Tlng tanya air kencing klinci kalo kuning keruh kenapa ya,sakit kah?dia makan pelet dgn takaran normal..minum juga cukup..kok air kencingnya ga bening ya?makasi bnyk

    ReplyDelete
    Replies
    1. air kencing kelinci emang gak bening kok, yang penting gak sampai keluar darah aja

      Delete
  10. Kak mau tanya, kelinci anggora 3bl saya awalnya jilat2 dan gigit2 kecil jari saya, setelah itu dia gigit kencang2 sampai berdarah, apa dia kesal sama saya? atau mungkin benci? makasih ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi dia sudah bosan, jadi dia gigit sebagai tanda untuk manusia menjauh dan ngebiarin dia sendiri

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. sy baru beli kelinci dan dia cukup mudah didekati walau awalnya menjauh dan mengitari kawasan barunya utk beradaptasi. Sy mau tny gmn sy mau memangkunya, menggroomimgnya dan belai lembut lainnya. Sy pernah memangkunya tp dia sangat aktif, selalu kabur dr sy dan berlarian. lalu jika sy memaksa memangkunya dia mengencingi sy dgn cukup banyak. Gmn solusi agar dia mau sy pangku? sy liat foto kelinci anda diatas bisa diajak ke tempat tidur ya ? haha
    pls reply, thx

    ReplyDelete
  13. sy baru beli kelinci dan dia cukup mudah didekati walau awalnya menjauh dan mengitari kawasan barunya utk beradaptasi. Sy mau tny gmn sy mau memangkunya, menggroomimgnya dan belai lembut lainnya. Sy pernah memangkunya tp dia sangat aktif, selalu kabur dr sy dan berlarian. lalu jika sy memaksa memangkunya dia mengencingi sy dgn cukup banyak. Gmn solusi agar dia mau sy pangku? sy liat foto kelinci anda diatas bisa diajak ke tempat tidur ya ? haha
    pls reply, thx

    ReplyDelete
  14. sy baru beli kelinci dan dia cukup mudah didekati walau awalnya menjauh dan mengitari kawasan barunya utk beradaptasi. Sy mau tny gmn sy bisa memangkunya, menggroomingnya dan belai lembut dll. Sy pernah memangkunya tp dia sangat aktif, selalu kabur dr sy dan berlarian. lalu jika sy memaksa memangkunya dia mengencingi sy dgn cukup banyak. Gmn solusi agar dia mau sy pangku? sy liat foto kelinci anda diatas bisa diajak ke tempat tidur ya ? haha
    pls reply, thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu di atas tempat tidur, kelinci bisa di ajak ke atas tempat tidur dengan catatan bahwa harus benar2 diawasi biar gak kecolongan kena pipis atau pup, apalagi kalau dia belum toilet training. ngajarin kelinci itu lebih sulit dari kucing dan anjing jadi benar2 harus sabar. dia pipisin itu bentuk protes dia karna dia gak suka dipangku. tapi jangan menyerah ya, harus dilatih. apabila suatu saat dia berbuat gak enak atau menyakiti jangan pernah ngebentak atau mukul, nanti bisa makin menjauh dia.

      Delete
  15. Kak sya mau tanya kelinci sya jenisny anggora , kenapa ya kelinci saya tiba-tiba mati padahal kmrinnya mkan bnyk , apa krna saya memotong kuku kelinci sya? Blh gk sih memotong kuku kelinci? Padahal kelinci yg satu nya lgi aktif ,tlg dijwb thx

    ReplyDelete
  16. Mau nanya. Kelinci saya suka bnget menggosokkan mulut dengan kaki nya, apakah itu normal?

    ReplyDelete
  17. kelinci saya kdg kdg urin nya putih kental tp hanya terjadi sekali sehari atau sekali dua hari ,selebihnya urinnya biasa saja, fesesnya jg normal, nafsu makannya seperti biasa dan minumnnya juga seperti biasa, kl dilepas juga aktif, kira kira kenapa ya? makannya pelet. kelinci sy jenis fuzzy lop.

    ReplyDelete
  18. di artikel kan ditulis kelinci bakal marah kalo dimandiin atau dipotong kukunya. nah trus cara supaya mereka ga marah pas di mandiin/ dipotong kukunya gimana? soalnya mandi itu pasti diperlukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan si kelinci..

    ReplyDelete
  19. Mas mau nanya, kan saya punya 3 kelinci. Yang 1 flemish giant. 1 dutch. Dan 1 lagi anggora lop. Nah, anggora lop ini baru saya beli di lembang, pas saya h menyisir bulunya. Ada kutu gitu besar. Makanya saya juga heran, kenapa nafsu makannya turun dan sering garuk garuk. Kelinci saya umurnya 2 bulanan. Nah, saya juga sempat nanyain ke si penjualnya kalo kelinci itu gak boleh dimandiin. Tapi saya nekat ngemandiin soalnya udah gak tahan lagi liat kutunya. Saya mandiin tuh kelinci pake shampoo. Habisnya dia diem terus karena kedinginan. Saya handukin. Setelah bulunya kering, tuh kelinci telinganya satu ke atas dan satu kebawahm terus saya juga liat ada kutu gitu. Sama saya diambil. Dan anehnya kenapa masij ada kutu padahal udah dimandiin?

    Pertanyaan:
    1. Kenapa telinga kelinci saya satu keatas dan satu kebawah
    2. Kenapa masih ada kutu padahal udah dimandiin dan kandangnya juga rutin dibersihkan. Mohon solusinya

    ReplyDelete
  20. Bagaimana membedakan saat dia binky atau dia sedang stres? Karena kelinci saya sangat sering lari kemudian seperti terpeleset. Terima kasih
    Oh iya, napasnya sangat cepat, itu kenapa ya? Terima kasih lagi 😀

    ReplyDelete
  21. Mau menanyakan, saya punya kelinci mini umurnya saya kurang tau tp spertinya umur 3 bln.. Senin lalu saya beli, lalu saya beli kangkung sama wortel dan besoknya kelinci sayaa mencret sampe nempel ke bulunya.. Trus sya baca di google kasih obt skit perut ya sudah saya kasih.. Hari rabu tepatnya sekarang.. Kelinci saya drop lagi bahkan diangkat badannya lemes badannya di angkat malah pindah posisi badan.. Kira2 knp ya? Ditunggu responnya

    ReplyDelete
  22. Saya mau tanya mba kenapa ya tiba"kuping kelinci saya jatuh sebelah apakah ada sakit yg saya tidak tahu, soalnya kelinci betina saya pernah kupingnya seperti itu juga dan akhirnya tiba"beberapa hari udh gada umur gitu aja:(

    ReplyDelete
  23. Saya mau tanya mba kenapa ya kelinci jantan saya tiba" kupingnya jatuh sebelah apa ada sakit yg saya tidak tahu, soalnya saya pernapunya yg betina begitu juga dan akhirnya kelinci betina saya tidak ada umur:(

    ReplyDelete
  24. kak mau tanya.. kelinci ku anggora dan sudah 2 hari ga mau makan.. perut kembung kdang pagi mencret trus sampe seharian ga ada pup.. aku cuma bisa suntikin madu k mulutnya biar dia kemasukan makanan.. kadang giginya bunyi gemeretek gitu.. kelinci ku rex n himalayan sudah mati krna kasus yg sama.. aku harus gmana ya?

    ReplyDelete
  25. Kelinci holland lop saya susah bgt di pegang selalu berontak terus, ini baru pertama kali saya pelihara holland lop, apa memang karakternya agresif atau memang belum akrab soalnya baru 1minggu peliharanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngedekatin kelinci itu harus pelan pelan, sabar dan sering ajak dia ngobrol biar dia yakin kalau kamu gak mau nyakitin dia

      Delete
  26. Blh mnta id line atau kontak ga? Saya baru adopt kelinci.. jadi agak bgung masihan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hari stefani, sayangnya saya udah lama nggak pelihara kelinci dan sudah beralih ke kucing :( kalau mau info lebih jelas coba hubungi mas insan di instagram @insanyondi beliau ahlinya kelinci

      Delete
  27. Ass. sya mau tanya jika kelinci pada saat saya pegang kepalanya dia mencakar dan mengeluarkan suara dan pada saat saya memegang perutnya dia sangat tidak suka dan diapun mengeluarkan suara juga,, mohon bantuannya kelinci sya sudah 4 hari mengalami gejalah ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelincinya baru diadopsi ya? kalau baru, wajar dia seperti itu karna belum kenal sama manusianya dan dia kira kamu itu musuh atau predatornya. harus pelan pelan dan ngajarin kelinci itu lebih sulit dari kucing atau anjing.

      Delete
  28. Saya beru beli kelinci .. awalnya dia baik baik aja trus aku tinggal tidur siang sorenya pas bangun kelinci saya udah lemes menjret dan beser udah aku kasih abu gosok malah sekarang sekarat .. gimana cara mengatasinya yah .. mohon solusinya😦

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kelinci mencret harus segera di bawa ke dokter hewan karna biasanya itu mematikan.

      Delete
  29. hai semua, saya sudah lama tidak memelihara kelinci lagi dan pengetahuan saya tentang kelinci juga terbatas, saya akan membantu menjawab tapi kalau mau dengan yang lebih ahli lagi, bisa hubungi mas insan di www.instagram.com/insanyondi

    makasi

    ReplyDelete
  30. Sis mau tya kl. Kelinci sy bru sy adopt w mghuan. Diminggu pertamA gigit n berdarah tgan sy mgu. Ke 2 sy pgil nyamperin trus sy elus kepalanya lomoat gigit tgan sy n berdarah byak. Knp ya sis gt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus sabar, sekarang saya punya kucing, sudah setahun lebih aja dia masih suka gigit. dia pikir kamu itu predator, kalau dia melukai kamu, jangan dibentak, cukup kasi tau pelan pelan, dia ngerti kok. trus di kandangnya/tempat dia biasa tidur taruh baju yang belum km cuci biar dia terbiasa sama aroma tubuh kamu

      Delete
  31. Sis. Sy adopt klinci holandlop w mgguan. Diminggu pertama gigit n berdarah n dimggu ke w jg gigit berdarah byak. Itu knp ya sis. Tq

    ReplyDelete
  32. Saya punya kelinci setiap kencing pada tempatnya dan suka makan biskuit di dlm kantong biskuitnya, tpi yg saya heran jika saya sedang sibuk lalu dia menyemprotkan air kencing ke kaki saya tandanya apa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya dia mau menandai km bahwa km adalah miliknya ;)

      Delete
    2. Tpi tiap hari lo gan, sebel saya, kalau saya omelin saya malah dikasih pantat gan, kalau saya mau pukul dia langsung lari ke kandangnya selang 5 mnit keluar sambil mulutnya di cengirin

      Delete
    3. hahahaha kok kayaknya lucu banget ya :)) marahin dia tapi denan pelan, jangan dengan nada bicara tinggi bisa kaget dia. bisa juga sentil telinganya, tapi ingat pelan pelan, jangan sampai dia kesakitan

      Delete
  33. really useful & helpful your tutorial. thanks
    kelinci

    ReplyDelete
  34. permisi kak saya mau tanya, kelinci saya ketika di pangku kenapa ia suka menggali di baju saya dan biasanya setelah itu ia akan menggigiti baju saya sampai robek sedikit? tolong diberitahu secara rinci. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Dira.. ada kemunkinan dia mau poop atau peep dan dia pikir itu adalah tanah

      Delete
  35. Kak, kenapa ya kelinci ku (mini dutch) sering banget lari lari di kandangnya kaya ketakutan gitu dan larinya cepet banget dia muter muterin kandangnya kadang sampe berdiri ( bersandar ke kandangnya gitu) aku takut sumpah:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba deh kamu hubungi vet, mungkin dia stres

      Delete
  36. Kelinci ku sudah melahirkan dan anaknya beserta induknya aku pindahkan. Tapi ibunya panik dan mengendus2 nest boxnya. Tidak lama anaknya mengeluarkan suara jeritan. Kenapa ya? Terus kenapa induknya tidak nyaman di kandang yang baru. Saya pindahkan karena ada tikus. Tolong bantuannya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai. sepertinya itu karna dia ngerasa gak kenal sama tempat barunya itu dan ngebuat dia ngerasa kalo tempat barunya gak aman. coba kamu pindahin beberapa benda yang ada didekat tempat dia melahirkan biar dia ngerasa lebih aman. misalnya alas tempat dia melahirkan atau biasa tidur.

      Delete
  37. Ka saya mau tanya. Nest box bayi dan induknya aku pindahin ke kandang baru karena aku liat ada tikus di luar. Terus ibu nya panik dan menginjak2 anaknya. Tidak lama anaknya terdengar suara seperti tikus. Lalu di nest box jadi ada poop ibu. Terus aku harus gimana? Tolong jawabannya ya ka. Terima kasih

    ReplyDelete
  38. Maaf saya mau tanya. Kelinci saya suka lari-lari tiba-tiba, bolak balik seperti panik atau gelisah. Kira2 mengapa ya? Apakah karena kutuan? Terimakasih.

    ReplyDelete
  39. Kalo kelinci saya itu sukanya gigit dan jilati kaki saya itu kenapa ya?

    ReplyDelete

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.