Saturday, October 15, 2011

Carut Marut Negri Koprol

Hari ini situasi koprol tengah membara, bukan hal baru lagi memang, awalnya saya masih belum jelas apa yang membuat koprol membara. Setelah melakukan penyidikan beberapa detik saya pun mengetahui asal muasal panasnya koprol hari ini. Jadi, ada yang melemparkan prol dengan sebuah link yang akan membuat si pengklik link tersebut membuat auto post yang berisi kata-kata 
http://j.mp/nUYfjL . #satuKLik untuk #koin4juiy. bantu @juiy si#juiyTingTing hadir di #kopdar @kopidug. ayo #juiyLopers #pray4juiy#lOphUjuiY
Secara tidak langsung, semakin banyak orang yang klik link itu, maka makin banyak auto post yang muncul, hal tersebut mungkin saja mengganggu bebarapa user. Makin banyak user yang merasa terganggu, tidak menutup kemungkinan salah satunya atau beberapa dari mereka ada yang report abuse @juiy. Benar saja, selang berapa lama, akun @juiy suspended, dan kekisruhan pun dimulai antara dua kubu. Kubu pro @juiy suspended dan kubu yang kontra terhadap akun @juiy yang suspended.
Kubu pro akun @juiy suspended beralasan, wajar saja akun tersebut di RA karena masuk kategori spaming,  apalagi tujuannya hanya ingin masuk hot tags di koprol, padahal ada banyak cara yang lebih manis lagi untuk bisa masuk hot tags tanpa harus menyebarkan jebakan seperti auto post itu, yang pada akhirnya malah menimbulkan masalah.

Sedangkan kubu yang kontra beralasan, itu bukan salah @juiy, dia hanya korban dari tindakan iseng entah siapa yang mencatut nama juiy dalam jebakan link auto post itu, bahkan dari yang saya baca, ada juga yang menyatakan bahwa suspendednya akun @juiy itu akibat ulah user yang iri nama juiy masuk hot tags dan iri pada ketenaran @juiy. Kalau saya sih lebih baik nama saya tidak masuk hot tags daripada masuk hot tags kemudian suspended.

Koprol itu terlalu sering kisruh, bahkan dalam sebulan pasti ada saja hal-hal yang memancing keributan, saya pun sempat ikut beberapa kali, karna memang cukup asik juga memancing keributan ditengah kekisruhan. Namun lama kelamaan saya bosan, ingin juga koprol itu damai seperti jejarsos lainnya yang kalaupun ada masalah, hanya perorangan saja.

Koprol itu terlalu sempit, pergaulannya itu itu saja, mungkin hal tersebut juga memiliki pengaruh mengapa koprol sering kisruh. Dalam setiap kekisruhan pasti ada pihak yang merasa sebagai minoritas, junior, orang pinggiran dan pihak lainnya dianggap sebagai mayoritas, orang tenar, senior. Padahal sebenarnya semua sama aja, baik lama, baru, tua, muda semua punya hak yang sama bukan?

Sempitnya dunia koprol juga membuat beberapa user jadi berlomba-lomba untuk terkenal atau mendominasi, kapan lagi coba bisa terkenal se-Indonesia kalau tidak melalui koprol? Melalui facebook, twitter atau google+? Wah butuh perjuangan cukup berat untuk tenar se-Indonesia di sana.

Saya sendiri juga pernah merasa, koprol itu menjadi sangat menyenangkan ketika saya menjadi pusat perhatian, entah melalui kata-kata yang positif maupun kata-kata yang bisa dibilang berkonotasi negatif. Tapi itu dulu, satu tahun pertama saya menginjakkan kaki jari di koprol, kalau sekarang saya sih sudah cuek dan hampir tidak mau tahu lagi. Kalau saya memposting sesuatu, dikomen syukur, dibump ya terimakasih, hanya dibaca pun tidak masalah.

Balik lagi ke masalah akun @juiy yang suspended, bila saya boleh memberikan saran, pertama, coba tanyakan dulu pada pihak koprol kenapa akun tersebut suspended, cara ini juga yang pernah saya lakukan dan berhasil mendapatkan akun saya lagi setelah suspended sekitar 18 jam. Kedua, kalaupun akun tersebut tidak dapat dipulihkan kembali, tidak ada salahnya kok kalau register akun baru, tidak perlu takut kehilangan ketenaran, toh kalau itu akan didapatkan kembali dengan cepat, apalagi untuk register akun baru juga tidak dikenakan biaya.

2 comments:

  1. hoooo.. masih musim ribut-ribut gitu yah?
    HT lagi?
    2 minggu ga buka koprol,ternyata lebih nyaman :D

    ReplyDelete
  2. haha masih, kemaren semper masalah bocornya DM, jd autis dan kawan-kawannya bisa ngebaca DM kita, berasa ga ada privasi aja ya :) aku udah jarang jg sih, tp masih buka tiap hari, cuma udah ga ngikutin bgt, cukup jd pengamat

    ReplyDelete

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.