Sunday, October 16, 2011

Kegalauan Reshuffle

Belakangan ini berita tentang reshuffle tengah menjadi berita hangat. Katanya sih untuk memperbaiki kinerja pemerintahan dan memang reshuffle adalah hak dari Presiden. Selama proses menuju reshuffle, sepertinya Bapak Presiden mengalami kegalauan yang cukup lama, sehingga dia berkantor di kediaman pribadinya di Cikeas. Wah enak ya :) bisa berkantor di rumah sendiri.
Selama proses audisi menjelang reshuffle, saya melihat Presiden tidak benar-benar bisa mengganti dan memilih mentri sesuai kehendaknya dan kenyamanannya. Partai yang diajak berkoalisi sama-sama mempunyai kontrak tentang susunan berapa orang wakilnya dalam kabinet. Tanpa perlu membaca isi kontrak pun saya sudah bisa menebak isinya. Apalagi kalau bukan kerjasama untuk penyelamatan kepentingan rakyat partai politik yang bersangkutan.

Bila partai anda mampu meberikan jaminan pada partai saya, maka partai saya juga tidak akan membongkar kebusukan partai anda, kita sama-sama senang, sama-sama untung. Begitulah gambaran kasarannya dengan bahasa saya.

Belum lagi adanya penambahan wakil mentri yang dimasukkan dalam jajaran kabinet. Perlukah itu? Saya rasa tidak, selain akan membebani APBN yang sudah kembang kempis, wakil mentri itu seperti menjadi jalan pintas antara tidak mungkin menendang beberapa orang tertentu karena kontrak dengan ingin memasukkan orang baru yang lebih mudah dikendalikan.

Seharusnya mentri itu tidak perlu ada wakilnya bila keberadaan mentri itu kuat, adanya wakil hanya mempertegas kerapuhan kedudukan si mentri. Yah pada akhirnya terserah pada Presiden mau dibawa kemana hubungan kita kabinetnya, yang terpenting bagi saya dan juga saya rasa bagi seluruh rakyat Indonesia adalah...
Reshuffle atau tidak reshuffle yang penting dapat menegakkan hukum dan meminimalkan dana yang digelapkan penjahat yang berjas itu bahkan kalau bisa menghapus segala bentuk korupsi, kolusi dan nepotisme.

No comments:

Post a Comment

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.