Monday, October 31, 2011

Kalau Lagi Sebel Nggak Boleh Masuk ke Pura

Sebel atau Cuntaka adalah masa cuti seseorang untuk melakukan seluruh kegiatan keagamaan. Mereka yang sedang dalam masa “sebel” tidak diperkenankan memasuki areal suci seperti Pura dan melaksanakan kegiatan yang dianggap suci untuk umat Hindu. Seseorang dianggap “sebel” apabila ada keluarga dekat yang meninggal dunia, wanita sedang menstruasi, keguguran, melahirkan, hamil tanpa beakaon (upacara agama Hindu) dan anak diluar perkawinan.

Dalam dunia bisnis pariwisata, sudah sejak lama keberadaan Pura dikomersialkan. Wisatawan, terutama mancanegara, memang tertarik dengan arsitektur Pura yang ada di Bali serta kegiatan yang diadakan di sekitar areal Pura. Oleh sebab itu, di beberapa Pura yang cukup populer, seperti Pura Besakih, Pura Goa Gajah, Pura Goa Lawah, Pura Uluwatu dan lainnya, dibagian pintu masuk areal Pura dipasang papan pengumuman tentang tata cara memasuki Pura tersebut.




Namun sekarang aturan mengenai larangan orang “sebel” masuk ke areal suci sudah sedikit longgar atau dipaksa dilonggarkan oleh pelaku pariwisata di Bali. Hanya dengan berbekal senteng (selendang) yang dililitkan di pinggang dan kamen, wisatawan, baik domestik maupun mancanegara sudah dapat memasuki Pura. Padahal tidak ada yang berani menjamin bila si wanita sedang tidak menstruasi, padahal hal tersebut dapat mengotori kesucian Pura tersebut.

Pelaku pariwisata beranggapan, toh nantinya bisa dilaksanakan upacara tertentu untuk mengembalikan kesucian Pura tersebut dan menghilangkan kekotoran-kekotoran yang mereka datangkan. Secara tidak langsung mereka sudah tdak menghormai lagi kesakralan Pura, padahal banyak diantara pelaku wisata itu beragama Hindu.

Seolah-olah demi materi, ada dispensasi bagi mereka yang “sebel” untuk memasuki Pura. Yaaaah, ini semua memang selalu tentang materi, harta dan uang. Mereka berani melanggar hal-hal sakral demi mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Harga diripun akan mereka gadaikan bila memang diperlukan. Sungguh ironis.

No comments:

Post a Comment

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.