Tuesday, May 08, 2012

Cara Menulis Hangeul (한글) di Windows 7


Jaman sekarang ini berkomunikasi dengan orang dari belahan manapun juga di dunia ini bukanlah hal yang sulit. Kita tidak harus bertatap muka terlebih dahulu untuk berkenalan dengan orang asing. Berbagai jenis jejaring sosial dan messenger  tersedia bagi siapa saja yang ingin menambah teman dari berbagai negara. Mempunyai banyak teman dari berbagai Negara juga memacu keinginan untuk mempelajari bahasa asing.

Salah satu bahasa yang tertarik aku pelajari adalah bahasa Korea. Bahasa Korea adalah salah satu bahasa di dunia yang memiliki hurufnya sendiri bernama Hangeul. Bagi aku sih Hangeul masih lebih mudah dipelajari daripada huruf China atau Jepang. Setelah sedikit menguasai hangeul terkadang aku ingin menulis hangeul di laptop. Awalnya aku cukup kebingungan, aku kira, aku harus menginstal sebuah program untuk bisa menulis hangeul.

Ternyata untuk mendapatkan keyboard hangeul di OS Windows 7 tidak harus menginstal apapun, tinggal klik klik klik dan klik saja. Mungkin sudah banyak yang mengetahuinya tapi untuk yang masih belum tahu caranya, aku akan memberikan sedikit tutorialnya J semoga bermanfaat ya.

Pertama-tama masuk ke Contol Panel yang ada di laptop atau komputermu, lantas klik Region and Language.
klik gambar untuk memperbesar

Setelah itu akan muncul empat bar, yaitu Formats, Location, Keyboard and Languages dan Administrative. Pilih Keyboard and Languages.

klik gambar untuk memperbesar

Selanjutnya klik Change Keyboards maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

klik gambar untuk memperbesar

Setelah itu klik Add dan pilih Korea (Korean), jangan lupa untuk mencentang Korean dan Microsoft IME agar keyboard hangeul bisa digunakan lebih maksimal lagi. Selain bahasa Korea kamu juga bebas menambahkan bahasa lainnya yang tersedia. Setelah itu klik Ok dilanjutkan dengan klik Apply.

klik gambar untuk memperbesar

Langkah selanjutnya periksa taskbar di sebelah kanan monitormu. Jika bahasa keyboard yang sedang aktif adalah Bahasa Inggris, maka akan muncul icon EN, klik icon EN dan pilih icon KO untuk menggunakan keyboard Hangeul. Apabila belum hapal mengenai tata letak hangeul di keyboard, kamu bisa menggunakan On-Screen Keyboard. Caranya pilih icon Windows atau menu start, klik All Programs dan pilih Accessories. Lalu klik menu Ease Access dan pilih On-Screen Keyboard.

klik gambar untuk memperbesar


Selamat Mencoba J


4 comments:

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.