Tuesday, May 29, 2012

Selamat Hari Lansia Nasional


mbah ku

Tidak terlalu banyak yang tahu bahwa hari ini diperingati sebagai Hari Lansia Nasional (entah lupa atau memang tiak tahu). Lasia atau lanjut usia adalah mereka yang dipenghujung usia harusnya mendapat perhatian yang lebih dari keluarganya, entah anak atau cucu bahkan mungkin cicitnya.

Namun sangat disayangkan, karena alasan kesibukan, banyak anak yang kemudian menelantarkan para lansia. Ada yang membiarkan orang tuanya begitu saja, ada yang memberikan pendamping entah itu pembantu biasa atau yang terlatih merawat lansia atau memasukkannya ke panti werda/panti jompo.

Padahal diumur mereka itu, mereka sangat ingin berkumbul, bercanda tawa dengan keluarga. Dengan memasukkan mereka ke panti werda atau hanya memberikan pendamping bayaran, mereka merasa “terbuang”. Dibuang oleh orang-orang yang mereka besarkan dengan cinta kasih, terdengar seperti anak durhaka kan? Sayangilah orang tua, para lansia, se”nakal” apapun mereka. Ingatlah bahwa dalam darahmu juga mengalir darah mereka.

Menghadapi lansia itu lebih susah daripada menghadapi balita, lebih keras kepala dan membandel. Belum lagi harus menghadapi penyakit ingatannya. Hal itu saya ketahui, karena aku pernah merawat nenekku yang berumur sekitar 98 tahun, beberapa tahun lalu. Sering Beliau melontarkan kata-kata yang kurang sedap didengar, menyakitkan hati malah. Mungkin bila itu bukan nenek kandungku, mungkin aku tidak sesabar itu merawatnya.

Aku selalu berpegangan pada prinsip “karmapala” dimana apa yang aku tanam, dikemudian hari itulah yang akan aku petik. Aku juga tidak ingin, nanti ketika aku tua, aku diperlakukan semena-mena oleh keturunanku, sehingga aku berbuat baik pada nenek. Nenek yang memang sangat aku sayangi, nenek yang ketika aku kecil memanjakanku. Walaupun pada akhirnya ketika Beliau meninggal aku tidak dapat mengikuti prosesi kremasinya.

Aku sangat mencintai kalian Wayah, Mbah, Kakiang dan Dadong, semoga kalian mengetahuinya, walaupun secara fisik, kalian sudah tidak mendampingiku lagi.

No comments:

Post a Comment

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.