Wednesday, May 09, 2012

Terjebak!


Sepanjang hidupku hal yang paling menyebalkan adalah ketika aku harus terjebak dalam situasi yang membuat aku merasa ada di dunia lain. Bukan dunia setan atau sebangsanya, tapi benar-benar dunia lain. Dunia dimana aku tidak paham satupun dari ucapan yang terlontar dari orang-orang sekitarku.
Pertama kali aku terjebak ketika aku baru memulai hidupku di Yogyakarta, mayoritas penduduk sana menggunakan bahasa Jawa yang aku tidak paham. Pernah juga aku alami ketika kuliah, sekitar 80% teman sekelasku berasal dari Kupang dan mereka lebih sering menggunakan bahasa daerahnya.

Kejadian terakhir berlangsung akhir Januari 2012 silam. Bayangkan sebuah Garden Resto di kawasan Pettitenget, Kuta pada suatu senja. Aku duduk dengan tiga pria Korea di sebuah sudut taman, di bawah pohon Jepun. Awalnya sesekali kami masih berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Namun tak lama kemudian, ketiga pria di depanku terlibat dalam percakapan yang seru dalam bahasa Korea.

Tidak satu patah kata pun aku mengerti, entah apa yang mereka bicarakan. Mereka tertawa, sesekali berdebat cukup tegang dan tertawa lagi. Aku sempat merasa mereka sedang membicarakanku. Pikiran negative mulai melayang-layang karena ketidakmampuanku menterjemahkan ucapan mereka.

Jangankan mengerti apa yang mereka ucapkan, kata-kata sederhana seperti selamat dating, maaf dan terima kasih dalam Korean pun aku tidak paham. Jadi sudah aku melongo seperti kebo bego cuma memandang ketiga pria itu sambil sesekali tersenyum sok asik. Kejadian senja itu membuat aku sedikit termotivasi untuk mempelajari bahasa Korea.

Saat kita berkumpul dengan orang yang tidak satu bahasa dengan kita, ada baiknya kita saling menghormati untuk menggunakan bahasa yang sama-sama kita mengerti. Misalnya aku dan teman-temanku dalam kehidupan sehari-hari menggunakan bahasa Bali, ketika bertemu dengan orang yang terbiasa menggunakan bahasa Bugis atau bahasa daerah lain, maka lebih baik kami menggunakan bahasa Indonesia. Jadi tidak akan menimbulkan kesalahpahaman karena terjebak dalam "dunia lain" kan?

No comments:

Post a Comment

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.