Tuesday, June 19, 2012

Hangeul Emoticon


Beberapa tahun terakhir ini, perkembangan teknologi sangat cepat. Beragam inovasi mulai bermunculan. Hal tersebut kemudian mengubah cara orang berkomunikasi, apabila sebelumnya untuk menanyakan kabar hanya dapat dilakukan dengan saling mengunjungi rumah kerabat, kini semua bisa dilakukan di rumah sendiri. Hanya berbekal PC, netbook, laptop, ponsel atau gadget lainnya, kita bisa terhubung dengan setiap orang di seluruh dunia.

Kehadiran beragam gadget yang menjadi penunjang komunikasi, perlahan namun pasti mempengaruhi gaya tulisan penggunanya. Misalnya SMS (Short Message Service), 1 SMS hanya memberikan ruang terbatas pada 160 karakter. Contoh lainnya adalah Twitter, salah satu social network service ini malah hanya menyediakan 140 karakter.  Ini memacu penggunanya untuk memofifikasi gaya tulisannya, agar apa yang ingin dia sampaikan dapat tertuang dalam keterbatasan tersebut.

Komunikasi cyber, seperti melalui e-mail, messanger, social network atau interaksi cyber melalui ponsel sangat menarik. Bahasa cyber sedikit berbeda dengan bahasa formal, bagaimana pun juga bahasa cyber tidak mampu menunjukkan emosi, intonasi, tekanan atau tinggi rendah suara si penulis kan? Karena itu, muncullah emotion icon atau disingkat dengan emoticon.

Emoticon digunakan oleh pengguna internet dalam beragam bahasa tulis untuk mengungkapkan emosi si penulis. Emoticon menggunakan hampir semua karakter, mulai dari alphabet, angka dan symbol-simbol. Secara universal, misanya untuk menunjukkan bahwa si penulis sedang merasa senang dia cukup menuliskan titik dua dan kurung tutup.

Aku termasuk salah satu orang yang cukup aktif menggunakan bahasa cyber. Apalagi setelah beberapa bulan mejalin hubungan cinta antar Negara. Awalnya aku sedikit kebingungan membaca emoticon Oppa, karena menggunakan emoicon dari tulisan Hangeul sedangkan aku cenderung menggunakan emoticon yang universal.

Berikut ini aku berikan beberapa contoh Hangeul Emoticon:


Hangeul Emoticon
Arti Hangeul Emoticon
ㅋㅋㅋ
ㄱㄱㄱ
ㅎㅎㅎ
ㅍㅎㅎ
Tertawa.
/ adalah K dan adalah H, itu terdengar seperti suara orang tertawa.
ㅠㅡㅠ
_
ㅜㅡㅜ
_
ㅠㅠ
_
Menangis.
Garis menggambarkan mata dan garis menggambarkan air mata yang jatuh.
juga merefleksikan air mata yang menangis.
ㅎㅁㅎ
Bernyanyi.
(]_[)
Mendengarkan music.
_
Terkejut.
ㅡㅅㅡa
ㅡㅡ;
Bingung.
ㅇㅠㅇ
Muntah.
^3^
Kiss kiss kiss.
~m^^m~
I’m Superman.
^.~
Wink.
ㅓㅂㅏ
Ikan funky.
ㅛㅡㅛ
Lelah.
_
Asian stern.
ㅇㅋ
O K.
ㄳㄳ
Terimakasih.
kieuk  untuk mewakili suku kata pertama /kam/ dan untuk mewakili suku kata kedua
/sa/, jika digabungkan menjadi 감사 /kamsa/ artinya terimakasih

ㅡㅅㅡb
Thumb Up.
(((.)))
Aku punya banyak teman.
ㅋㄷㅋㄷ
Cekikikan. Asal kata 키득키득.
^^/
Uh yay…
ㄷㄷㄷ
Gemetaran. Asal kata덜덜덜
^^
Senyum.
~~~
Memperlembut pesan.


Emoticon dalam bahasa Korea lebih banyak menggunakan huruf Hangeul. Berbeda bila dibandingkan dengan emoticon universal yang menggunakan simbol-simbol dan atau tanda baca. Dalam emoticon universal, si pembaca harus merotasi sudut pandangnya sekitar 90 derajat ke arah kanan atau kiri untuk memahami kondisi emotional si penulis. Sedangkan emoticon Hangeul tidak perlu melakukan rotasi untuk memahami maknanya.

No comments:

Post a Comment

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.