Saturday, June 16, 2012

Korean Lesson: Pola Kalimat Bahasa Korea



Pola kalimat dalam bahasa Korea berbeda dengan pola kalimat dalam bahasa Indonesia. Pola kalimat ini penting untuk dipahami agar tidak bingung menterjemahkan kalimat dalam bahasa Korea. Langsung aja yuk kita tengok pola kalimat dalam bahasa Korea ^^/


Pola 1. Subjek + Predikat (Ind) è Subjek + Predikat (Kor)
Pada pola kalimat yang pertama ini, pola kalimat dalam bahasa Korea sama dengan pola kalimat dalam bahasa Indonesia.
Contohnya: 
Kakek (S) keren (P) è 할아버지께서 (S) 멋있ㅐ어요 (P)
Celana (S) mahal (P) è 바지가 (S) 비싸요 (P)

Pola 2. Subjek + Predikat + Objek (Ind) è Subjek + Objek +Predikat (Kor)
Contohnya: 
Ibu (S) menjual (P) wortel (O) è어머니께서 (S) 당근을 (O) 팔아요(P)
Kakak laki-laki (S) membuat (P) Kimchi (O) è 어빠가 (S) 김치를 (O) 만듭니다 (P)

Pola 3. Subjek + Predikat + Objek + Ket. Tempat (Ind) è Subjek + Ket. Tempat + Objek + Predikat (Kor)
Contohnya: 
Saya (S) makan (P) semangka (O) di Sekolah (Ket. Tempat) è 나는 (S) 학교에서(Ket. Tempat) 수박을 (O) 먹어요(P)

Pola 4. Subjek + Predikat + Objek + Ket. Tempat (Ind) è Subjek + Ket. Waktu + Objek + Predikat (Kor)
Contohnya: 
Leni (S) minum (P) susu (O) kemarin (Ket. Waktu) è 레니가 (S) 어제 (ket. Waktu) 우유를 (O) 마셨어요(P)

Semoga nggak membingungkan ya! Kalau ada yang mau ditanyakan atau mungkin koreksi atas tulisan ini, bisa ditulis langsung di kolom komentar karena aku juga masih belajar.

6 comments:

  1. Saya mau nanya nih, caranya untuk mengetahui hangul nya nama korea kita itu gimana yah?
    Makasih .

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama nama kamu disesuaiin dengan cara pengucapan bahasa korea, misalnya namaku kan aslinya leny tapi dijadiin leni, kalau nama kamu dari jessica jadi jessika. trus tinggl di cocokin sama huruf korea (hangeul) nya, hurufnya bisa dilihat di http://www.lenywijayanti.com/2012/05/huruf-korea.html
      dipisahkan persuku kata sebelum di-hangeul-kan, misalnya leni >> le-ni >> 레-니
      selamat mencoba! kalau nanti ada yang kurang paham bisa tanya lagi

      Delete
  2. say.. ijin copas yah..
    pke credit kok..
    bleh yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan :) bisa kasi link nya ke saya nanti?

      Delete
  3. mohon dikasih cara baca romajinya jg dong, masih lum lancar baca hangeul nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo..
      sebenarnya ini sengaja tidak disertakan romanjinya biar tidak "manja" ngebaca romanjinya aja jadinya akan memankan waktu lama hapal huruf hangeul.
      gimana kalau kamu tulis kalimat contoh di blog ini dalam kertas trus kamu pelan2 menuliskan romanjinya tanpa mencontek ya, setelah itu kamu cek apa udah bener terjemahan roamanjinya.
      gimana? :)

      Delete

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.