Friday, June 29, 2012

Selamat Tinggal Koprol!


Pada bulan Juli 2008, berawal dari web 2.0 biasa, Koprol kemudian dikembangkan oleh tim Koprol, yaitu Satya Witoelar sebagai desain dan komunitas, Fajar Budiprasetyo sebagai production director dan Daniel Armanto sebagai engineering manager. Kemudian pada Pebruari 2009 Koprol pun diluncurkan oleh PT SkyEight Indonesia.

Koprol atau yang kemudian lebih dikenal dengan nama Yahoo! Koprol (setelah diakusisi oleh Yahoo! pada 25 Mei 2012) menggunakan metode berbasis lokasi, penggunanya dapat check-in di suatu tempat dan mengetahui siapa saja yang berada di lokasi yang sama.

Aku mengenal Koprol dari salah seorang teman yang men-share di halaman Facebook sekitar akhir tahun 2009. Awalnya aku tidak terlalu peduli karena masih kecanduan Facebook, hingga Januari 2010, dari sekedar iseng ngebuat akun di Koprol hingga menulis sebuah proll (sebutan untuk postingan di Koprol) dan setelah itu terlupakan begitu saja.

Aku kemudian bangkit lagi setelah “mati suri” di Koprol itu sekitar bulan Mei 2010, itu setelah aku merasakan kejenuhan yang teramat sangat pada Facebook. Apalagi saat itu aku sebagai pendatang baru merasakan keramahan pengguna Koprol yang lebih senior. Aku juga bisa me-review lokasi-lokasi yang pernah aku datangin, walaupun saat itu untuk lokasi di Bali masih sangat sedikit. Pengguna Koprol di Bali juga masih dikit, nggak lebih dari 300 orang, itu pun yang aktif bisa dihitung dengan jari.

Lokasi di Koprol saat itu hampir 90% adalah lokasi yang memang benar-benar ada, sisanya 10% adalah tempat fiktif yang lolos verify kurator. Keakuratan data lokasi itu lah yang membantuku mencari sebuah lokasi yang sebelumnya aku tidak tahu letaknya dimana. Bagiku mirip dengan yellow pages.

Bukan Koprol namanya kalau tidak terlepas dari konflik. Aku pernah menjadi bagian dari orang-orang yang suka memperdebatkan sesuatu yang kurang penting di Koprol. Sampai pada titik aku merasa sangat jenuh dengan konflik. Bukannya membuat aku rilex malah menambahi beban pikiran saja. pelan-pelan aku mengundurkan diri dari Koprol, apalagi aku mulai sibuk dengan kerjaan baru.

Siang ini entah mengapa aku ingin mengunjungi salah satu social network yang sudah lama aku telantarkan itu. Yah memang setelah berhenti bergelinding dengan Koprol, minimal sebulan sekali aku masih mengecek keberadaan dan situasi Koprol. Cukup kaget juga saat membaca pemberitahuan resmi tentang akan berhentinya Koprol beroperasi.

Important notice: Koprol will be discontinued on August 28, 2012The time has come to say goodbye to Yahoo! Koprol. Services will be discontinued on 28 August, 2012.Please click on the link below to learn how to retrieve your user data from your Yahoo! Koprol registered account.Thank you for being a part of Yahoo! Koprol community.

Pemberitahuan ini menjawab segala galau user koprol yang bertanya-tanya apa benar Koprol akan tutup. Sejak bulan April 2012 memang berhembus kabar burung bahwa Koprol terkena imbas dari kebijakan CEO Yahoo! saat itu, Scott Thomson. Dia memang ingin melakukan pengurangan 2000 karyawan Yahoo! agar dapat lebih lincah bersaing dengan “musuh besar”nya seperti Facebook dan Google.


Saat awal kabar itu mulai berhembus, para pengguna Koprol sempat melakukan demo virtual dengan melakukan gerakan #SaveKoprol. Kecintaan mereka terhadap salah satu karya anak bangsa ini patut diancungi jempol. Aksi demo virtual #SaveKoprol tersebut juga terjadi di Twitter, ini dilakukan agar suara mereka dapat dilihat oleh dunia. Walaupun sudah tertatih namun Koprol tetap memiliki pecintanya sendiri.

Seperti yang ditulis dalam Blog resmi Koprol bahwa Yahoo! ingin berinovasi dengan cepat dengan produk dan property inti mereka, mereka akan menghentikan atau melakukan transisi beberapa produk yang tidak memberikan revenue atau engagenment yang berarti. Setelah dilakukan kajian portofolio produk secara seksama, Yahoo! memutuskan untuk menghentikan Koprol secara efektif pada tanggal 28 Agustus 2012.

Para pengguna Koprol dapat melakukan export data online kapan saja sebelum Koprol resmi ditutup, export data ini hanya bisa dilakukan sekali saja. Pengguna Koprol bisa export profil, postingan, review, check-in dan gambar asli yang pernah di upload dengan mengunjungi ‘Export Data’ di m.koprol.com/export.

Akhir kata, setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Bila saat ini kita berpisah dengan Koprol yang entah akan berjumpa lagi atau tidak di masa yang akan datang, jangan sampai perpisahan ini memutuskan begitu saja tali pertemanan yang sudah terjalin di Koprol. Koprol memberikan waktu kurang lebih 2 bulan untuk kita benar-benar berpisah dengannya.

Sekarang saatnya kita mulai berkemas, mengangkut segala data kita dalam koper lalu mengucapkan “Good bye, Koprol. Thank you for everything” sambil diakhiri dengan satu kecupan basah :* dan buat semua orang yang pernah berinteraksi dengan aku di Koprol, aku minta maaf kalau ada yang kurang berkenan.


안녕히가세요 Koprol~~

8 comments:

  1. nice writing.... #SaveKoprol #LoveKoprol

    ReplyDelete
  2. sedih bangett...pa lagi saat inget kenangan2 dulu sama sekkops...ilove u @koprol i love u @sekkops teman baru, keluarga baru, dan cinta baru..aku temukan dari sini..^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya kamu nemu cinta ya di koprol, aku gak :(

      Delete
  3. pang be! rambaang..!....yg penting kalian tetep di hati....kirrr..

    ReplyDelete
    Replies
    1. konden maan tunangan kamu nal di koprol

      Delete
  4. thx @koprol. berkatmu aku menemukan teman baruuu :)) keluarga baru jugah..
    ;)

    ReplyDelete

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.