Friday, July 20, 2012

Kalimat Romantis dalam Bahasa Korea

Berpacaran berbeda negara memang sedikit merepotkan, namun juga menyenangkan. Walaupun dapat berkomunikasi dengan bahasa Inggris tapi tidak jarang ada keinginan untuk ngegombal dalam bahasa asli pasangan. Seperti yang aku alami, aku sedikit kesulitan ketika ingin ngegombal atau mengungkapkan perasaanku pada pacar. Aku lebih sering ngegombal dengan bahasa Inggris, tapi kan pengen juga ngebuat dia terkesan dengan rayuanku yang menggunakan bahasa Korea hahaha...

Alasanku kenapa ingin ngegombalin dia dengan kata-kata romantis dalam bahasa aslinya, karena aku suka ketika dia ngegombal dalam bahasa Indonesia. Walaupun kata-kata gombalannya terbaca sangat kaku, mungkin hasil terjemahan dari google translate. Bahkan ketika dia bilang "Aku cinta kamu" berasa lebih bisa membuatku melayang daripada saat dia bilang "I Love you". Padahal keduanya mempunyai makna yang sama kan?



Pada tulisan sebelumnya yang berjudul "Mengajak Orang Korea Berkencan" memberikan beberapa kalimat dalam bahasa Korea yang mungkin bisa membantumu pada level pendekatan. Nah kalau akhirnya kamu naik level dan pacaran trus ingin memberikan kata-kata romantis ke pacar Korea mu, ini ada beberapa contekan yang bisa kamu pakai. rangkaian kalimat romantis dalam bahasa Korea ini aku dapatkan setelah mencari di beberapa artikel, buku dan tentu saja bertanya pada Superultraman-ku tersayang, Ekany Oppa.

  • 당신은 미소가  정말 아름다워요.  (Dangsineun misoga jeongmal areumdaweoyo.) = Kamu tersenyum dengan indah.
  • 당신 밖에 없어요. (dangsin bakkye eopseoyo.) = Tidak ada orang seperti kamu.
  • 처음부터 그대는 영원토록 그대는, 기쁠때나 슬플때나 늘 사랑 하겠습니다. (cheoeumbuteo geudaeneun yeongweontorok geudaeneun, gippeulttaena seulpeulttaena neul sarang hagetsseumnida) = Dari awal kamu dan sampai selamanya tetap kamu, saat senang atau saat sedih aku akan selalu mencintaimu.
  • 곧 다시볼수있으면좋겠어요. (Got dasibolsuisseumyeonjokesseoyo) = Aku berharap kita bisa bertemu lagi secepatnya.
  • 당신 없이 못살아요. (Dangsin eopsi  motsaleoyo.) = Aku tidak bisa hidup tanpamu.
  • 저랑 사귈래요. (jeorang sagwillaeyo.) = Mau kah kamu pergi denganku?
  • 저희 부모님 뵈요. (jeoheui bumonim bweyo) = Ayo mengunjungi orang tuaku.
  • 당신 부모님께 인사드리고 싶어요. (dangsin bomunimkke insadeurigo sipeoyo.) Aku ingin mengunjungi orang tuamu.
  • 사랑해요. (saranghaeyo.) = Aku mencintaimu.
  • 저랑 결혼해 줄래요? (jeorang gyeolhunhae julaeyo?) = Maukah kamu menikah denganku?
  • 보고 싶어요. (bogo sipeoyo.) = Aku ingin menemuimu, aku merindukanmu, aku kangen kamu.
  • 추워요. 안아줘요. (chuwoyo. anajwoyo) = Aku kedinginan. Peluklah aku.
  • 같이 있고 싶어요. (gatchi itgosipeoyo) = Aku ingin bersamamu.
  • 집에가지마요. 저 랑 같이 있어요. (jibega jimayo. Jeorang gatchi isseoyo.) = Jangan pulang. Tinggallah denganku.
  • 당신이 좋아요. (dangsini joaeyo) = Aku suka kamu.
  • 당신은 언제나 날 행복하게해. (dangsineun eonjena nal haengbokhagehae) = kamu selalu membuatku bahagia
  • 당신은 정말 대단했어요 (dangsineun jeongmal daedanaesseoyo) = kamu benar-benar luar biasa
  • 당신은 아주 흥미가 있어요 (dangsineun aju heungmiga isseoyo) = kamu sangat menarik perhatian
  • 당신의 눈이 아주 아름다워요 (dangsineui nuni aju areumdawoyo) = matamu sangat indah
  • 당신의 입술이 매우 섹시해요 (dangsineui ipsuri maeu seksihaeyo) = bibirmu sangat seksi
  • 당신은 정말 충실한 파트너예요 (dangsineun jeongmal chungsilhan pateunoyeyo) = kamu benar-benar pasangan yang setia.
***
당신 artinya 'kamu' ini jarang dipergunakan dalam percakapan sehari-hari, biasanya diganti dengan nama atau panggilan seperti 자기 (sayang, honey, dear, darling) atau 오빠 (artinya kakak laki-laki tapi juga biasa digunakan oleh wanita untuk memanggil pacarnya)

Beberapa kosa kata tentang cinta, pacaran dan kencan yang mungkin bisa digunakan saat kamu ingin merangkai sebuah kalimat dalam bahasa Korea:


사랑 (sarang) = cinta 
애인 (aein) = kekasih 
자기 (jagi) = sayang, sweetie, darling, honey 
연인 (yeonin) = pasangan 
연애 (yeonae) = berkencan 
고백 (kobaek) = pengakuan 
첫키스 (cheotkiseu) = ciuman pertama 
키스 (kiseu) = ciuman 
뽀뽀 (ppoppo) = ciuman 
미팅 (miting) = kencan buta (dalam kelompok) 
소개팅 (sokaeting) = kencan buta (berdua) 
데이트 (deiteu) = kencan 
약혼 (yakhon) = bertunangan 
결혼 (kyeolhon) = menikah

Buat temen-temen yang mau menambahkan atau mengoreksi, silahkan tulis langsung di kolom komentar ya dan selamat bergombal ^ㅂ^

****jangan lupa juga untuk baca Kalimat Cinta dalam Bahasa Korea 2 ya..

reference:
http://ernimulyandari.wordpress.com/2011/10/05/ungakapan-cinta-dalam-bahasa-korea/
http://www.youtube.com/watch?v=xDKLDDBueVI&list=SP2623BF4F104918CA&index=60
Dede Rakhmawati dan Teguh Panjireza, Langsung Bisa Berbahasa Korea, Agogos Publishing:Jakarta


35 comments:

  1. keren, bisa jadi referensi ngegombal nih blognya mbk Leni

    ReplyDelete
  2. kalao bhs koreanya aku kangen kamu apa mbk???

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kangen kamu bisa pakai ini 보고 싶어요 :)

      Delete
  3. hi mba..... keren deh blog nya.. banyak inpirasi dari sini. mbak.. kalo bahasa koreanya "selamatkan aku (nama orang) dan ayo kita menikah???" thank mbaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 구해주세요 : selamatkan aku

      우리 결혼해요 : ayo kita menikah

      Maaf ya, lama jawabnya, ini harus nanya dulu ke ahlinya dan dia sibuknya amit-amit.

      Delete
    2. 저랑 결혼해 줄래요? ini juga bisa dipake, maukah kau menikah denganku?

      Delete
  4. yang ini jugaaa... Makasih for sharing

    ReplyDelete
  5. thanks ya .. infonya sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  6. mbak kalau mau nyisipin nama org di kalimat ini bagaimana?

    당신은 미소가 정말 아름다워요. (Dangsineun misoga jeongmal areumdaweoyo.) = Kamu tersenyum dengan indah.

    thanks ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di copot 당신 itu artinya kamu, nama orangnya akhoran vokal atau konsonan? Kl vokal dibelqkang nama ditambah 는 kl konsonan ditambahin 은 misalnya namaku kan leni jadinya 당신은 itu diganti jadi 레니는 trus kalau misalnya namanya yurin jadinya 유린은 .
      Semoga membantu yaa..

      Delete
  7. mbak..
    daam bahasa korea
    mantanmu masih mencintaimu itui apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantannya cewek kan ya?
      당신의 옛 애인은 아직도당신을 사랑합니다

      Delete
  8. Wahh kerenn kakk :D :)) mau dong belajar bahasa korea sama kakakk :D hahahaha.. (ˇ▽ˇ)♉

    ReplyDelete
    Replies
    1. @maiia yuk kita sama² belajar, aku juga masih belum lancar kok.. (━▽━)/

      Delete
  9. wow noumu2 daebak .. !
    gomawo sdh mw berbagi .. :-)
    klu artinya aku benar2 mencintaimu, tp ada orang lain diantara kita ..!
    please jawab ya ..... !!
    감사함니다 .. :-P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku benar2 mencintaimu, tapi ada orang lain di antara kita: 나는 정말로 너를 사랑해..그러나 우리 사이에는 누군가가 있다

      Delete
  10. Kamsahamnida Eonni :)
    pengen bisa bahasa korea. Belajar doong. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ne ^^
      yuk belajar sama2,aku udah lama juga nih gak buka buku pelajaran

      Delete
  11. mbae, ku mau tanya dong... tp yg bisa kirim foto>> fb atau tweeter.. punya mbae ap? plisss

    ReplyDelete
  12. Twitter ada leniwiw, kalo mau kakaotalk atau BBM jg ada

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. Wah nama belakang kita sama (´︶`) ini pin bbm nya 76BBDB35

      Delete
  14. daebak, aku cuma ngertinya dikit2 doang... itupun gegara nonton drama korea sik x))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gomawo.. aku juga masih harus banyak belajar kok hehe apalagi ini mulai banyak lupa, udah lama gak buka buku

      Delete
  15. Gomawo eonni...
    bermanfaat banget nih karna ada hangul nya juga..
    ak sih masih belajar hangul aja,
    kalimat dan kosa kata masih minim banget :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ne~ aku juga masih haris banyak belajar kok. Untuk kosa kata, coba hapalin minimal 5 kosa kata perhari nya, trus diulang tiap minggu.

      Delete
  16. kumawo eonni... bermanfaat banget ... minta pin nya donk eonnii atau fb nya.. aku mau banyak dari eonni...

    ReplyDelete

Thank you for reading and feel free for leave your comment~

인기있는 포스트 || Popular Posts

 
레니의 인생 이야기 Blogger Template by Ipietoon Blogger Template