Tuesday, September 18, 2012

Bebek Mandarin, si Lambang Cinta Sejati

source

Aku bukan pencinta unggas, aku lebih suka pada anjing, kelinci dan kucing, tapi ada satu unggas yang berhasil mencuri perhatianku. Namanya adalah Mandarin Duck atau bebek mandarin yang mempunyai nama ilmiah Aix Galericulata. Bebek ini mempunyai kekerabatan dengan bebek kayu Amerika Utara.


Bentuk bebek mandarin tidak terlalu besar, panjang badannya sekitar 41 – 49 cm dengan bentangan sayap sekitar 65 – 75 cm, panjang ekornya 10,2 – 10,4 cm dan panjang ekornya 27,9 mm. Berat badannya anatara 0,5 kg sampai 0,7 kg.

Warna bebek mandarin sangat indah bila dibandingkan dengan bebek sawah yang sering aku jumpai. Bebek mandarin jantan memiliki paruh berwarna merah dan pola bulan berwarna putih di atas mata, dadanya berwarna ungu dengan dua buah garis berwarna putih. Sedangkan si betina memiliki ciri yang mirip dengan bebek kayu dengan cincin mata berwarna putih.
Pic by  Tristam

Aku mengetahui keberadaan bebek mandarin ini dari pacarku. Aku lupa saat itu kami sedang membahas apa. Dia berkata bahwa dari dulu ingin menjadi seperti burung yang bebas, dapat terbang kemana saja dengan sayapnya. Setelah mengenal aku, meurut pengakuannya, dia tidak ingin lagi menjadi burung yang bebas. Dia ingin menjadi bebek mandarin.

Saat itu aku sama sekali tidak tau tentang bebek mandarin, yang ada di benakku adalah bebek sawah. Lalu apa istimewanya? Kata Oppa, dalam poerkawinan tradisional di Korea Selatan, pasangan pengantin baru akan mendapatkan sepasang bebek mandarin sebagai simbol cinta dan kesetiaan.

Wah sepertinya ini bukan bebek biasa. Aku jadi penasaran dan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang bebek mandarin. Asal bebek mandarin adalah dari China, tetapi juga ditemukan di Negara lain seperti Rusia, Jepang, Korea, Inggris dan Siberia. Tentu juga dapat ditemukan di beberapa kebun binatang di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri bisa ditemukan di Bali Bird Park di Singapadu dan Batu Secret Zoo di Batu, Malang.

Pic by Ron E Racine

Bebek mandarin suka tinggal di hutan dekat air, tempat yang banyak pohon untuk dijadikan sarang. Mereka bersarang di rongga-rongga dahan pohon dengan sumber air dan pada musim dingin bebek mandarin betina meletakkan telurnya di dalam rongga pohon setelah kawin.

Keberadaan bebek mandarin kini terancam punah, populasinya kian berkurang. Kelangkaan bebek mandarin ini disebabkan terutama oleh penebangan kayu dan pemburuan. Juga karena predator alami seperti cerpelai, rakun anjing, berang-berang, polecats, elang burung hantu dan ular rumput.

Ada banyak legenda tentang bebek mandarin ini sehingga dijadikan simbol cinta. Salah satu cerita yang paling terkenal adalah kisah tentang pengantin baru Zhang dan Su. Zhang adalah seorang jendral yang selalu menang dalam peperangan dan Su adalah wanita yang baru saja dinikahi Zhang. Pasangan pengantin baru ini berpisah karena Zhang harus berjuang demi Negara. Namun kemudian Su mendapatkan kabar bahwa suaminya meninggal dan dimakamkan di dekat sungai.

source
Dalam keadaan berduka dan hampir gila karena ditinggal sang suami, Su pergi mencari makan Zhang. Akhirnya Su ditemukan meninggal di dekat sungai tempat suaminya dimakamkan. Pada hari berikutnya, orang-orang melihat dua bebek dengan bulu berwarna indah bermain di sungai itu. Konon bebek itu adalah roh Zhang dan Su yang tidak bisa dipisahkan oleh maut.

source
source


source


sorce
Terlepas dari legenda ini, kabarnya bebek mandarin adalah binatang yang setia. Bebek mandarin jantan hanya akan punya satu betina. Ketika salah satu dari mereka mati, tak lama kemudian satunya lagi yang masih hidup pun akan menyusul mati. Yah semoga saja, keberadaan bebek mandarin ini tidak punah sehingga dapat menginspirasi kisah cinta anak cucu kita.


reference

8 comments:

  1. salam kenal juga :) bebek ini memang akan punah bila tidak benar2 di jaga. yah habitat aslinya sudah tidak terlalu bersahabat lagi, karena manusia juga predator

    ReplyDelete
  2. wow indah tuh mbak.. sungguh saya andai bebek itu diambang kepunahan..

    salam kenal mbak

    ReplyDelete
  3. itu bebek kaya burung deh hohohoho

    ReplyDelete
  4. Bebek Mandarin jantan, apakah cantik juga ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha tetep deh, soalnya warna bulu yg jantan lebih "cantik" dari yg betina

      Delete
  5. Salam kenal,klo boleh tau dmna yah cara mendapatkanya/ membelinya untuk di pelihara, tolong bantuanya call (081394233457) thank atas bantuanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sepertinya bebek ini termasuk hewan langka yang dilindungi deh, karena jumlahnya makin sedikit dan terancam punah :(

      Delete

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.