Friday, January 18, 2013

Biarkan Ku Tahu


Pada dasarnya manusia itu memang berbeda, bahkan mereka yang kembar pun tidak selalu sama dalam segala hal. Seperti aku dan pasanganku. Kami berbeda, bahkan kalau boleh aku bilang kami sangat berbeda. Kami memiliki budaya, bahasa, agama, rentan usia yang lumayan jauh. Semua perbedaan itu lalu mempengaruhi cara berpikir kami, cara kami mencari solusi, kesukaan yang tentu saja juga jadi berbeda.


Sebelumnya, segala perbedaan antara kami tidak terlalu berpengaruh pada hubungan ini. Perbedaan itu menjadi masalah saat kami hampir selalu bersama selama 2 minggu terakhir ini. Ada beberapa kebiasaanku yang dia tidak suka dan begitu juga sebaliknya, ada kebiasaan dia yang menurutku sedikit aneh.

Kami memiliki selera yang berbeda, contohnya dalam menentukan gendre film. Dia suka drama dan membenci film horror sedangkan buatku film drama itu sedikit membosankan dan aku sukanya film horror. Akhirnya walaupun kami besebelahan, kami menonton film yang berbeda, drama buat dia dan horror buatku. Kami bersama, menikmati perbedaan kami dan tidak memaksa siapapun untuk mengalah. Yes, we are different but still in love!


Tapi bukannya tidak pernah perbedaan itu lalu membuat kami bertengkar cukup hebat, tidak saling memaki atau memukul memang, namun kami menciptakan situasi yang sangat tidak nyaman. Aku tidak mengerti mengapa dia memilih menghabiskan waktu dengan menonton serial drama-nya dari pagi hingga malam padahal ada aku di sampingnya yang bisa dia ajak ngobrol. Aku merasa diabaikan.

Keesokan harinya setelah kami sama-sama sudah tidak marah lagi, kami mulai bicara. Aku katakan padanya, katakan padaku apa yang dia rasakan, apa yang dia pikirkan, biarkan akumengetahuinya. Aku juga akan melakukan hal yang sama. Komunikasi menjadi hal yang penting saat kami ingin mengenal satu sama lain.

Ada banyak hal yang terungkap dalam pembicaraan kami sore itu, tentang pendapatnya mengenai liburan kami, tentang rencananya terhadap masa depan kami, tentang bagaimana kami harus menyikapi perbedaan dan tentang betapa bahagianya karena kami bisa menghabiskan banyak waktu bersama.

Berbicara, mengeluarkan isi pikiran masing-masing, membirakan pasangan mengetahui apa yang dirasakan itu berguna untuk mempertahankan hubungan ditengah begitu banyak perbedaan. Dan jangan lupa juga ditambah dengan toleransi, itu akan membuat makin sempurna. Kami akan terus mempertahankan cara ini walaupun untuk satu tahun kedepan kami harus terpisah lagi.

No comments:

Post a Comment

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.