Saturday, February 02, 2013

1 Like = 10 Doa, 1 Share = 1000 Pahala


Semakin hari cara orang berinteraksi makin berkembang. Kalau dulu melalui tatap wajah langsung, bertukar cerita, dan melakukan beberapa kegiatan bersama. Saat ini jauh lebih mudah, tidak perlu datang ke rumah teman hanya untuk menanyakan kabar atau mengobrol. Bisa dilakukan melalui surat, telepon, sms, email atau di social network, seperti facebook, twitter, google+ atau yang lainnya.


Dari sekedar untuk bercakap dengan teman, kerabat, keluarga atau berkenalan dengan orang asing, social network juga dipergunakan sebagai tempat berdoa. Tuhan kan ada dimana saja, dalih mereka. Benar juga sih Tuhan memang ada di mana saja.

Tidak hanya untuk berdoa, social network kemudian juga digunakan untuk mengumpulkan pahala. Pernahkah kamu melihat fans page di facebook yang seperti ini? Aku sering menemukannya. 1 like dihargai dengan 10 doa, 1 share dihargai dengan 1000 pahala. Entah itu fans page buatan pengguna facebook dari Indonesia, maupun yang buatan pengguna dari luar negeri.

Setiap melihat yang seperti ini, aku jadi berpikir. Kalau misalnya nih, aku klik like itu artinya aku 10 kali mendoakan bayi di gambar itu? Trus kalau aku klik 1 share berarti aku dapat 1000 pahala? Sebegitu mudahnya ya mengumpulkan pahala, tinggal klik share sekali saja.

Tapi benarkah? Seberapa efektifkah menambahkan pahala dengan sharing kemalangan orang lain di social network? Aku tidak tau, mungkin semua orang juga tidak tau. Sampai sejauh ini, aku belum pernah menemukan alat yang dapat dipergunakan sebagai penghitung jumlah pahala yang telah kita kumpulkan.

Aku cenderung berpikir kalau ada udang di balik postingan ini. Apakah itu? Ya apalagi kalau bukan popularitas? Meminta orang lain untuk nge-like dan share, otomatis akan membuat fans page itu terkenal. Dengan iming-iming kemudahan mendapat 1000 pahala si A sharing ke kronologinya, lalu teman-teman si A ngeliat foto itu, trus ada yang sharing lagi, dan akan terus berkembang hingga banyak orang melihat dan jadi pingin tau tentang fans page itu.

Pernah mendengar tentang 1 tangan lebih berarti dari 1000 doa? Nah kalau kita hanya klik like yang artinya kita berdoa 10 kali untuk bayi itu, apakah membuat si bayi mendadak menjadi sehat? Atau misalnya si orang tua bayi mendadak punya uang untuk biaya pengobatan dan segala macamnya? Lagi pula kenapa jatah doa hanya 10 sedangkan jatah pahalanya seratus kali lipat banyaknya?

Maafkan kalau aku salah menebak maksud orang yang mempublikasikan foto tersebut, tapi itulah yang aku pikirkan. Sepertinya tidak ada efek apapun terhadap orang yang kemalangannya sedang dipublikasikan itu. Siapa dia? Darimana asalnya? Sakit apakah dia? Apa yang bisa aku lakukan untuk dia selain like dan share tentunya?

Tidak ada informasi berarti tentang yang bersangkutan. Kalau ada seseorang yang berniat menyumbangkan sedikit hartanya pun pasti tak bisa. Menghubungi orang yang menyebarkan di social network? Ah aku ragu dia mengetahui jati diri orang yang kemalangannya dia sebarkan itu.

Sebenarnya tidak ada yang salah juga sih menyebarkan kemalangan orang lain, sepanjang niatnya memang membantu, mungkin sekalian bisa dilengkapi dengan segala informasi tentang orang tersebut. Jadi bantuan baik secara materiil maupun moril dapat disampaikan secara langsung.

6 comments:

  1. siiipp stuju bangettt hee

    mampir ke blog aq yhww
    rahmisuci.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. mbak leny mmg maknyuss sekali tulis2annya..

    ReplyDelete
  3. memang terkesan pengen banyak pengikutnya...
    gambar yang kedua sangat tepat menjelaskan itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, kl emg mau bantu harusnya dikasi penjelasan dia itu siapa

      Delete

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.