Wednesday, March 06, 2013

Jangan Pernah Takut Menjalani LDR


Banyak yang mengira bahwa pacaran jarak jauh alias long distance relationship alias LDR adalah bukan gaya berpacaran normal. Bahkan ada yang sampai ketakutan dengan LDR. Memilih untuk jomblo daripada LDR, toh lebih enak jomblo karena bisa bebas. Kalau LDR itu seperti jomblo, kemana-mana sendiri tapi gak boleh ngecengin orang lain.


Aku salah satu dari sekian banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk LDR. Bukan hanya sekali, aku pernah LDR beberapa kali, dari yang hanya beda kabupaten, sama pulau tetangga, sama pulau yang nan jauh di sana sampai akhirnya kini beda negara.

Beberapa temenku yang kebetulan gak pernah LDR dan tau bagaimana perjalanan cintaku dari LDR satu ke LDR lainnya pada geleng-geleng kepala. Mereka gak habis pikir, kenapa aku gak ada kapok-kapoknya menjalani LDR padahal pernah merasakan sakit hati karna mantan pacarku yang nan jauh di sana berselingkuh. Emangnya apa yang harus ditakutkan dari LDR?

  • Takut dia selingkuh?
Perselingkuhan itu adalah tabiat, tidak ditentukan oleh seberapa jauh jarak antara dua kekasih. Kalau memang niat untuk berselingkuh itu gak ada maka perselingkuhan itu gak akan terjadi. Pacaran sama tetangga sebelah rumah juga gak ngejamin dia tidak selingkuh kan? Bahkan mereka yang sudah tinggal serumah (baca: pasangan suami istri) pun bisa selingkuh.

  • Takut bosan?
Tidak hanya LDR, pacaran biasa juga bisa dilanda kebosanan kan? Kebosanan bisa melanda siapa saja tanpa memandang gaya pacaran apa yang dia terapkan, ketemuan tiap hari, seminggu sekali, sebulan sekali atau setahun sekali. Jangan menghindari LDR karena takut merasa bosan, tapi carilah cara untuk mengalahkan rasa bosan itu. Lawan rasa bosan dengan kegiatan positif yang melahirkan ide kreatif, yang siapa tau dikemudian hari bisa menghasilkan uang.


  • Takut kesepian?
Emangnya kalau punya pacar kapan pun, dimana pun, dalam keadaan apapun selalu bersama? Gak juga kan? Selain pacar ada begitu banyak manusia disekitarmu yang bisa kamu ajak berbagi waktu. Dari sekedar curhat, ngegosip, jalan-jalan atau melakukan hal menyenangkan lainnya. Kalaupun gak ada temen atau gak punya banyak temen kayak aku, bertemanlah dengan diri sendiri maka kamu gak akan pernah merasa kesepian.

  • Takut jadi galau terus?
Oooh come on, galau itu gak cuma dimonopoli oleh pejuang LDR. Sepertinya semua orang pernah galau, galau gak punya uang, galau pacar gak ngapel malam minggu, galau karna jadi jomblo abadi, galau karna macet, galau karna liat orang lain galau. Galau itu gak masalah kok asal gak sampai kebangetan aja galaunya, sampai bikin mogok kerja misalnya.

  • Takut gak bisa ketemu tiap hari?
Emang kalau pacaran itu harus ketemu tiap hari? Kalau gitu mah langsung nikah aja ttrus tinggal serumah nah pasti dong itu kertemu setiap hari kan?

  • Takut jadi curigaan kalau dia bohong?
Pacaran itu kan harus saling percaya, kalau curigaan terus ya mending gak usah pacaran dulu. Ngejomblo aja terus sampai bisa percaya orang lain. Lagian nih ya biasanya kalau kamu suka nuduh pacar kamu bohong ya itu karna kamunya juga suka bohong sama dia. Hayoooo… ngaku aja deh! :P

  • Takut buang-buang waktu sama hubungan yang gak pasti?
Lah kata siapa? Ada banyak kok pasangan kekasih yang waktu pacaran trus akhirnya nikah, malah setelah nikah sempet LDR juga bentar, buktinya mereka awet aja tuh. Cinta mereka masih bersemi dengan indahnya setelah bertahun-tahun. Pacaran lima langkah dari rumah juga bukan jaminan kalau hubungan itu pasti ke pernikahan kan?


LDR itu menyenangkan kok. Paling gak itu yang aku rasakan selama ini. Kita yang menjalani LDR gak usah peduli apa omongan orang, kalaupun LDR kita nanti berakhir dengan kurang menyenangkan, jangan menyalahkan jarak. Coba tengok dulu ke diri masing-masing dulu.

Walaupun gak bisa ketemu setiap hari, gak bisa candle light dinner tiap malam minggu atau gak bisa meluk pacar sesering mungkin, tapi aku coba ambil sisi positifnya. LDR juga menjadikanku lebih dewasa, menjadikanku wanita yang jauh lebih sabar dari sebelumnya.


Dulunya aku wanita yang suka marah sama pacar, ada sedikit aja yang gak sesuai sama apa yang aku inginkan aku akan marah, tapi kini aku menjadi jauh lebih sabar. Aku pikir untuk apa aku marah, itu hanya ngebuat komunikasi kami memburuk, apalagi pemicu amarahnya adalah hal sepele.

Harus aku akui, ketika rindu itu melanda rasanya memang sakit banget. Air mata tak pernah mampu meringankan kerinduanku padanya. Aku berusaha untuk menikmati rindu itu, rindu yang tidak akan pernah dimengerti oleh mereka yang mencibir LDR.

Aku akan tetap LDR walaupun banyak yang mencemoohku. Penyebab utamanya yaaa karena kebetulan cintaku jatuhnya pada sosok pria sederhana yang tinggal di Korea Selata. Aku tidak menemukan rasa nyaman senyaman yang aku rasakan saat ini. Aku juga tidak punya alasan untuk menyerah pada jarak, aku akan tetap LDR sampai hari pernikahanku dan Ekany Oppa tiba dan aku diboyong ke negaranya.

Kami menjalin cinta dengan normal, kami saling menyayangi, kami punya tujuan yang sama, kami punya mimpi yang sama. Hanya saja mungkin cara kami untuk saling menjaga cinta kami yang sedikit berbeda, tidak dengan bertemu setiap hari tapi dengan menjaga kepercayaan yang pasangan berikan walaupun berjauhan.

LDR itu gak cuma butuh cinta, tapi juga kepercayaan dan yang paling penting adalah komitmen antara kedua belah pihak. LDR bisa dijalani dengan fun, penuh tawa tapi bisa juga dijalani dengan menggalau setiap saat, curiga setiaap saat saat J

Buat temen-temen yang juga LDR sepertiku, yang semangat ya ngejalaninnya, jangan kebanyakan ngeluh, ngegalau atau merengek karna jarak yang memisahkan. Kamu gak sendirian kok, ada banyak yang juga LDR seperti kamu. Yuk berjuang sama-sama biar hubungan kita ini sukses dijalani hingga naik ke level selanjutnya. Gak semua orang loh bisa LDR, karna kita ini spesial dan hebat!

145 comments:

  1. semoga komitmen kalian bisa melangkah ke jenjang yang lebih serius..:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya semoga aja ^^ makasi ya udah ikut ngedoain :')

      Delete
  2. wow! korban LDR jg ya :p
    aku jg http://argalitha.blogspot.com/2012/12/merayakan-anniversary-walau-berbeda.html

    Hihi. Tetap jaga kepercayaan, itu kuncinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeeey ada temennya ^^ semangat ya ngejalanin LDR

      Delete
    2. sama LDR -_- bhkan lbih parah dri LDR

      Cuma ktmu gak komunikasi sama sekali ... -_-

      Delete
    3. hah ketemu tapi gak komunikasi itu gimana ceritanya?

      Delete
  3. kalau aku korban LDR ..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi korban? wah gimana ceritanya tuh?

      Delete
    2. ya maksudnya gagal menjalin hubungan LDR, hahaha

      Delete
    3. trus jadi kapok ga buat LDR?

      Delete
  4. saya juga sedang menjalani LDR mbak,, memang nano-nano rasanya, tapi insyaallah bisa menjalani dengan baik.
    saya jadi pengen nulis ttg ldr, hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo tulis cerita LDR :') biar bisa berbagi

      Delete
  5. wahh.. aku juga LDR, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya udah nikah ya? LDR setelah nikah?

      Delete
  6. Wuiih romantis ini. Saling percaya aja mbak. Dan terus penasaran biar makin kangen :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal jangan sampe mati penasaran ya hahaha

      Delete
  7. jika ingin bertahan lama, buanglah segala ketakutan itu, lalu tanamkanlah rasa kepercayaan.
    memang tdk mudah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang tidak mudah tapi juga bukan hal yang mustahil kan? :)

      Delete
  8. Ayo mbak, segera diresmikan hubungannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe semua ada waktunya :) mungkin bukan sekarang..

      Delete
  9. hehe masih belum bisa ngebayangin deh gimana LDR sama "bule" dan tinggal berjauhan antar belahan bumi :)
    semoga kalau niatnya sama baik menuju pernikahan, disegerakan aja deh, biar bisa deketan terus tuh mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga gak pernah ngebayangin Mbak :) dijalanin dengan iklas aja, semoga akhir cerita ini sama dengan apa yang kami rencanankan

      Delete
  10. LDR buatku adalah pengujian akan cinta itu sendiri mbak :)

    ReplyDelete
  11. Dan aku tak percaya LDR, mending putus :) #pengalaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan salah LDR nya, cuma kebetulan kamu salah milih pacar aja tuh

      Delete
  12. Dan aku juga bagian dr kalian, bagian yang mnjalani hubungan jarak jauh dengan berbagai rintangan, so semangat untuk kita semua.... :)

    ReplyDelete
  13. Semangat buat ngejalaninnya walaupun sebenernya juga pengen cepat² berakhir ya tapi berakhir bahagia

    ReplyDelete
  14. Semangat ya Sis Leni (kayanya lebih enak manggil sis daripada manggil mbak,hehe)..

    saya juga dulu pernah LDR ma suami selama 3 tahun, pacaran 7 tahun dan sekarang mau memasuki usia 2 tahun pernikahan.Semoga hanya kematian yang memisahkan..Aamiin

    Kalau kata suamiku, yang penting percaya..

    kalau dalam perjalanannya ada rasa tidak percaya ataupun curiga, itulah cobaan LDR..tapi yg berat sih Rindunya mbak,,hehe

    Semoga rencana masa depannya bisa segera terwujud ya,,Aamiin ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah seneng denger ada yg dr LDR berujung pada pernikahan, semoga aku bisa nyusul (*¯︶¯*)

      Delete
  15. Wah LDR yah? aku juga LDR mbak tapi insya allah sebulan lagi mau ketemuan...hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah... envy you! Asik dong ntar lagi ketemu sama dia, kalian LDR mana sama mana?

      Delete
  16. aku juga lagi LDR'an nih hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik! Yuk sama-sama berjuang.. LDR mana sama mana nih?

      Delete
  17. Aaaakkkk....Leny

    Kita senasib nih :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu sih enak, masih deket T_T aku ini looooh jauh bgt

      Delete
    2. Saya juga LDR mbak.
      Beda negara juga.
      Jerman.
      (ToT)

      Delete
    3. kalo LDR Jerman Indonesia pasti lebih complicated ya dibandingkan dengan Korea Indonesia karna ada perbedaan waktu yang lumayan besar. tetep semangat ya ^^

      Delete
  18. wahhh postingan yg bagus Kak Leni (y) jadi makin optimis nih hehehe disini bener-bener ngerasa senasib dan seperjuangan :) tapi jauhan aku Kak, hampir separuh bumi jaraknya :( -Ajeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi Ajeng...
      Wah beda benua ya? Tapu dia orang Indonesia atau sama kayak aku sama orang asing juga?
      Moga awet ya hubungannya tapi jangan awet LDR nya hahaha

      Delete
    2. Iya Kak, kita beda benua . aku di Bekasi dia di San Diego :(( aku sama kaya Kak Leni, dia asli orang sana hehe
      iya aamiin makasih Kak (y) tapi tahun depan pas aku lulus dia mau dateng ke aku kok Kak ;) gak sabarrrrr
      oya Kakak kalo ada postingan tentang LDR kabarin lg yaa .

      Delete
    3. Kalian udah ketemu? Udah berapa lama nih LDRnya? Aku udah 1,5tahun. Terakhir ketemu januari kemarin trus mungkin gak ketemu lagi sampe tahun depan bahkan 2 tahun lagi.. gmn caranya aku ngasi taunya? Hehe.

      Delete
    4. wawww ... keep the spirit ;) udah ka, belum ada setahun sih masih beberapa bulan . oiya -_- hehe disini aja ajengendahadriana@yahoo.co.id . trims ka

      Delete
    5. oke nanti di kirimin email kl aku nulis tentang LDR lagi

      Delete
  19. Kaaak, aku juga LDR lho. Beda provinsi udah mau 6 bulan dan alhamdulillah belum pernah berantem (jangan sampai deh hehe) semangat untuk kita-kita! Ciaaaatttt :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip sip.. longlast ya hubungannya dan moga cepet selesai LDR biar bisa deketan lagi

      Delete
  20. Nice !
    Saya juga LDR beda negara, saya di Indonesia, dia di Hungary. 2 tahun belum pernah ketemu sama sekali karena cuma kenal dari facebook. Tapi kami udah serius, dan tahun 2013 ini rencana ketemuan di Indonesia, dan kami bakal langsung menikah. Tekad dan keyakinan yang membuat kami bertahan sejauh ini, komitmen dan harapan yang mendasari hubungan tetap utuh.
    Moga mba Leni sama pacarnya langgeng ya, kita sama-sama berjuang mengalahkan jarak !
    Longlast and keep fight the distance !
    Kalo berkenan, silahkan mampir di blog saya : LDR Indonesia - Hungary

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai.. aku udah baca beberapa cerita kamu di blog :) cerita yang indah.. semoga semua rencana kalian lancar ya

      Delete
  21. Semoga langgeng ya sis :D
    saya juga LDR sama gadis Serbia :D sudah 3 tahun... sampai sekarang.. pernah ketemu waktu dia liburan... bener kata km sis.. kalau lagi kangen dan Rindu sakittttttttt bangett rasanya gak bisa ketemu :D tapi tetep semangattt :D oke oke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya kamu juga semoga langgeng ya sampai perkawinan.. 3 tahun itu bukan waktu yang singkat. Semagat!

      Delete
  22. tertarik dgan critamu mbak..
    saat ne aq jga ge LDR antar benua...bnyak rintanganny pasti... sedih lw da rindu ga bsa ketemu :-( tp qt tetap semangat brharap akan rsain happy ending ntiny....

    semangat yaa :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba nita. Kalo boleh tau LDR nya dimana nih? Wah kita sama ya, banyak rintangan, apapun hasil akhirnya nanti dijalanin dengan iklas..

      Delete
  23. aku juga LDR beda pulau tapi udah seminggu ini kita udah putus .. tapi masih berharap banget sama dia .. gak tau di bilang lebay atau engga . tapi pasti orang LDR ngerasa apa yg aku rasa . aku punya kenyamanan dan keyakinan sama dia .. mba gitu juga gak sama kayak aku ? :) pasangan yang LDR stelah putus omongan nya masih bisa di percaya atau engga mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Nopi... tergantung juga dulu kalian putus karna kenapa, masalah bisa dipercaya atau gak setelah putus itu gak tergantung dr LDR atau gak kok ^^ tergantung ke pribadinya dia

      Delete
  24. Aku juga lagi LDR sama seorang lelaki di negara sebrang, aku suka artikel ini jadi tambah semangat ngejalanin LDR ini, dan lagi mencoba buat nikmatin rindu yg mendera hihihi . Semoga semua berakhir dengan indah :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener, daripada rindu itu dikeluhkan mending dnikmati aja ya.. amiiin moga akhirnya jadi indah

      Delete
  25. aku juga ldr tapi beda benua pacarku dirusia
    tapi terkadang rasa galau itu menyerang banget ka,duh inspirasi banget baca blog ini9

    ReplyDelete
  26. wah apalagi kalo sama yg di Rusia kan beda waktunya lumayan jauh yaa? semangat ya ^^ good luck

    ReplyDelete
  27. menambah ilmu,,,,aku juga ldr dr awal jadian blm prnh ketemu,,,plan nya oktober thn ini,,,,semangaat ya para pejuang ldr,,,nice artikel,,,,like that

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah good luck ya buat plan oktober nanti biar gak ada halangan apappun. Kalo boleh tau LDRnya dengan korean juga kah?

      Delete
  28. salam kenal mbak Leni..
    saya juga pelaku LDR, bahkan ketemu pacar saya lewat game :) huehueheu..
    semoga langgeng ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal ^^ udah ketemu kan sama pacarnya? moga langgeng juga ya

      Delete
  29. Wah mbak sebentar lagi saya LDR juga mbak terpisahkan dgn lautan. jarang banget ketemu dia nantinya. Doakan hubungan kita juga langgeng ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pisah lautan tp masih di Indonesia kan? Masih deket itu.. Good luck ya :-D

      Delete
  30. hai salam kenal! kita sama lagi jalanin LDR. aku di indo dia di pakistan. sekitar 2 tahun lagi abis lulus kuliah baru bsa ketemu. semoga aja masih menjalin hubungan. dan buat kamu, kita , semangat yaa! bahagia pasti datang buat kita yg sabar dan setia ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, bahagia akan datang ke kita yang setia sama cinta dan juga bisa jaga komitmen berdua.

      Delete
  31. Salam kenal yah... ^_^
    Saya sdh 2 thn ini ngejalanin LDR... buat pejuang LDR ttp semangat
    dan jgn prnh nyerah yah... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal.. Good luck ya buat LDR nya, kalo niat kita baik pasti hasilnya baik..

      Delete
  32. Artikelnya bagus banget kak.aku sukaa.motivasi banget buat aku jadi bisa lebih kuat untuk ngejalani LDR.
    Kadang hati ini sering berubah kadang ,ketakutan yang berlebihan membuat pasangan kita ngga nyaman .cuma bisa berdoa semoga tuhan selalu kasih yang terbaik buat kita berdua .aminnn.makasih ya kak artikelnya.boleh minta line nya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi.. Itu wajar kok, rasa takut, curiga, cemburu.. Asal jangan sampe itu dijadiin biang kerok hubungan LDRnya.

      Delete
  33. Thanks banget kak artikelnya.
    Semangat buat jalanin LDR :"))

    ReplyDelete
  34. Hay Mba Leni.
    Aku juga LDR antar pulau.
    Rasanya tuh nyesek banget.
    Bawaanya galau.
    Istilahnya "LELAH DITERPA RINDU".
    Komunikasinya jarang, tapi aku tetap percaya kog sama dia.

    ReplyDelete
  35. Hay Mba Leni.
    Aku juga LDR antar pulau, sejak 2 bulan lalu.
    Komunikasinya jarang, rasanya tuh nyesek banget. Bawaannya galau. Tapi aku tepap percaya kog sama dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai... Kok bisa jarang komunikasinya? Yg sabar yaa.. Tetep percaya sama dia kalo dia macem2 bakal ketauan juga kok

      Delete
  36. salam kenal kak Leni ^^ artikelnya keren, jadi semangat buat jalanin LDR :) jadi gk sabar nunggu 1thn lagi buat ketemu sama pacar dari pulau sebelah hheheh :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga... Tenang aja 1 tahun itu gak lama kok..

      Delete
  37. saya juga lagi LDR, saya baru kelas 1 smk :D, cewek saya tinggal di Polandia, hubungan baru berjalan 5 bulan, kalo kangen cuma skype-an :D, semoga bisa langgeng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah pacarnya sekolah di sana? good luck ya!

      Delete
    2. Aku juga sering mbak LDR,karena emang asyik bgt ngejalani LDR,banyak sensasi dan banyak kisah yang bisa terkenang saat ketemu,,,,,,,,,
      Sukses dan semangat selalu ya buat kawan kawan LDR

      Delete
    3. kalau kita bisa memandang sisi positifnya kita bakalan enteng kok ngejalanin semua ini :) tetep semangat ya sampai waktunya bertemu kembali

      Delete
  38. aaaa.. aku juga lagi LDR-an, cuma beda wilayah kabupatennya sih.. tapi kalo dibanding pacaran biasa, pacaran LDR malah lebih bisa ngajarin kita hal yang lebih positif kaya buat sabar, dewasa, saling ngerti, saling percaya.. dan LDR itu sesuatu banget, kalo udah ada waktu yang pas buat ketemu rasanya bakal ngelakuin hal-hal yang bener-bener gak akan pernah dirasain sama yang pacaran biasa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya orang yang mampu yang sanggup LDR :) itu jadikan kita semua ini istimewa. awal ngejalanin LDR pasti mikir yang gak gak tapi setelah dijalani semuanya tidak seseram bayangan orang kok.. tetep semangat ya nahan kangennya ^^

      Delete
  39. ya, dia sekolah di sana, dia juga asli sana(polandia) :D, rencanaya sih dia mau ke indonesia bulan juni nanti, buat ketemu saya :) , mohon doanya ya supaya lancar :) !!! <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. bulan Juni 2015? waw 2 bulan lagi dong? duuuh semoga lancar ya ^^ salam buat dia

      Delete
  40. gua juga LDR tapi cumak beda kota,COZ ngejalanin Prakerin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan itu juga gak lama kan? LDR itu masih lebih gampang kalau pada dasarnya kalian satu kota dan karna pekerjaan atau sekolah makanya pisah :D beda sama aku yang asal dan tempat bekerja kami memang berjauhan

      Delete
  41. hai .. sist leni ... crita seru dan membuat aku semakin kuat untuk jalanin LDR ... baru jadian si .... seminngu sebelum dia berngkat ke Korea Selatan kami berkenalan dan dia langsung nantang aku untuk LDR ... aku trima itu ....(ya nama nya perasaan gak butuh lama) dan pacaran langsung aku kenalin ke orang tua ku .. dan keluarga setuju .... baru 4 hari ini dia di korea... dan mungkin akan ketemu secara langsung 3 tahun lagi ....

    Semangat ya ... sist buat LDR ... meet up yuks ... untuk berbagai cerita tentang LDR ...

    oline.caroline13@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. awal ngejalanin LDR selalu gak mudah :D semoga apapun yang nanti kalian hadapi kalian tetap bisa bertahan ya
      xoxo

      Delete
  42. Mbk leni aku juga LDR nih beda negara di di malaysia aku di indonesia aku udah pacrn 2th mbk trus di tinggal kerja 2th baru bisa ketemu :( rasanya nyesekk tiap mau tidur sama bangun keinget mulu , makasih mbk motivasinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kamu tiap bangun tidur, kalau aku tiap mau tidur itu selalu keinget dan sering sampai nangis :D tapi semoga aku, kamu dan kita semua gak lelah ngejalanin LDR ini ya..

      Delete
  43. Aku juga sering mbak LDR,karena emang asyik bgt ngejalani LDR,banyak sensasi dan banyak kisah yang bisa terkenang saat ketemu,,,,,,,,,
    Sukses dan semangat selalu ya buat kawan kawan LDR

    ReplyDelete
  44. Ci leny, kita sama ni... tp aku memang takut di php in si,soalnya sebelum dia aku uda ada deket sama cowo korea lainnya,tapi dia malah menghilang gitu aja,katanya si mau ke jakarta tapi malqb menghilang. Kalau yg sekarang sering chat,video call ataupun call biasa, katanya si agustus awal mau kesini,dia juga ud blg marry" , aku ga tau harus gimana tapi memang udah jatuh cinta dan sayang banget sama dia krna dia menerima aku apa adanya, *baru kenal 3 minggu •_•
    Jadi aku harus bagaimana ya ci?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi grace...
      Pertama yang harus selalu diingat bahwa dari manapun pria itu berasal akan selalu ada potensi pria itu "jahat", jangan mudah percaya sama pria yang baru dikenal baik offline apalagi kalau online. Harus selalu berhati-hati tapi gak berarti jadi curigaan dan apatis ya. Nah sekarang tunggu aja dia beneran datang ke Indonesia, setelah itu baru kalian tentuin next step nya apa. Untuk sekarang ditahan dulu perasaannya jangan dikasi sepenuhnya. Nanti kalo udah ketemu sharing ceritanya yaaa

      Delete
  45. Hey sis, baca cerita ini jadi keingat dia yang jauh di Aljazair
    Jadi makin sayang and makin percaya ama dia, hehe
    Tapi aku kadang merasa sedih sis, soalnya dia tipe cowok yang cuek
    Romantisnya jaraaaaang banget!
    Gimana nih sis?
    Oh ya, makasi ya sis buat ceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba :) jangan sedih mba, pasanganku juga gitu kok, dalam setahun momen romantisnya bisa dihitung dengan jari, jari di satu tangan lagi :D memang ada kok tipe cowok yang begitu kurang romantis tapi setia. kan lebih baik daripada romantis tapi pkayer hihihi... tapi kalau misalnya kamu ingin dia lebih sering jadi romantis, diomongin aja ke cowoknya.. kan kalo udah pacaran gak ada lagi yang namanya gengsi buat ungkapin apa yang kita mau.

      Makasi ya udah berkunjung

      Delete
    2. Hi sist Sari, gimana kabar LDR nya? Apakah masih langgeng? Kebetulan saya sama nih dengan mbak Jakarta-Algiers hehe jadi ngerasa senasib

      Delete
  46. wah sis abis baca artikel ini saya jadi punya semangat untuk tidak putus asa. saya baru 3 hari menjalani ldr dan terasa berat sekali. galau setiap hari bahkan kepikiran untuk menyerah. karena sebelumnya saya selalu bersama dia selama lebih dari 6 bulan setiap hari. jadi begitu dia di korea saya galau minta ampun. tapi ya itu juga sama seperti yg di artikel, pacaran ketemu tiap hari juga bisa putus kok :) terimakasih artikelnya sangat membantu :) semoga kita semua kuat ldr nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aah bahagia deh kalau apa yang aku tulis bisa jadi penyemangat buat orang lain :) jangan berfikir untuk nyerah kalau alasannya hanya jarak, kamu dan tentu juga dia harus punya komitmen yang sama dalam mempertahankan hubungan kalian ini.

      Delete
  47. mbak leni... aku juga pejuang LDR ... beda pulau dia di jawa aku di sumatera.. kami belum pernah ketemu uda jalan 8 bulan ini kami kenal hanya dari orang tua kami tp aku sayang dia.. doain ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perjodohan? Semoga lancar semuanya ya... Kalo bisa usahain bertemu secepatnya. Biar gak penasaran.

      Delete
  48. Hi Mbak Leni..
    Aku jg sama2 pejuang LDR beda negara, beda benua. Aku di Bandung dan co aku di Melbourne. Kita ktmu pertama x online. Hubungan LDR sekitar 16 bulan. Simular bulan Juni 2014 pacaran, September 2014 kita tunangan, December 2014-Januari 2015 saya ke Aussie dan sekarang nunggu visa di granted ( lodging Prospective Marriage Visa April 2015 ). Tips supaya langgeng LDRan dari aku : kepercayaan, komitmen, keteguhan, komunikasi, keterbukaan dan positive thinking. Dan gak Kalahari penting jadi diri sendiri dan apa adanya supaya jalanin hubungan LDR nya enjoy dan gak beban..
    Thankyou buat tulisannya Mbak Rini, jg ikut comment dsini.. Goodluck guys..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow thank you for your beautiful sharing :) selalu bahagia kalau ada yang sharing hubungan LDR, berasa punya teman seperjuangan :D

      Delete
    2. Hai mba Hana, semoga semuanya dilancarkan ya dan thank you for your beautiful sharing :) selalu bahagia kalo denger cerita LDR apalagi yang sampe lanjut menikah.

      Delete
  49. Hi mbak LEni..
    aku juga ldr tpi knpa ya skarang tuch aku kya mengenal dua sifat ajach dari orang yang sma,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai :) bisa jadi pasangan kamu lagi galau, aku juga kadang gitu kok tapi gak sering sih.

      Delete
  50. hi mbak leni..
    slrang ini sya juga ldr tapi gimna ya knpa sich bisa aku ngerasaain dua sifat yang berbeda sma orng yg sma

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin pasangan kamu emang moody jadi kamu ngerasa kayak sifat dia berubah ubah, coba deh omongin sama dia. hubungan itu akan lebi enak ngejalaninnya kalau satu sama lain saling jujur.

      Delete
  51. Hai ka aku jd ldr nih.. gmn ya ngadepin doi yang kadang masalah sepele itu jd bikin berantem?
    Trus emg bs ketemu kalo hari libur panjang doang kadang mikir apa bisa lanjut sampe nikah karna dia selalu ngeluh kangen dan ga bs ketemu.. selalu nyalahin diri sendiri jg dia jadinya
    duh galau ka :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau LDR emang harus kontrol emosi banget, sekarang coba kamu semangatin dia, bilang kalo LDR itu kan bisa menghargai pertemuan, rasa kangen saat gak bertemu akan dibayar lunas saat ketemu dan itu akan sangat lebih berarti ketika ketemu tiap hari.

      Delete
  52. Hi Mbk leni..sama Ne..aq jg ldr. Beda negara,beda benua.dia di norwegia.tapi alhamdulillah dia perhatian bgt. Sering ngirim2 lagu,bhkan selalu update foto&video dia lagi apa&dmn. Summertime ini dia mau ke Indonesia buat ketemu aku sm keluarga. Semoga semuanya lancar. Doa'in y mbk

    ReplyDelete
  53. Hmm aku juga LDR sudah 1th setenga , inshallah mau menikah tahun ini smg allah memudahkan, malahan hub LDR ni di cibir sm keluarga ku sndiri, aku ketemu dg dia 2006 hmm cm 5 hari saat kongres mahasiswa di kampus ku, dia perwakilan dr salah satu kampus negri di semarang, memutuskan untuk punya komitmen setelah jd temen via tlp selama 8th, 2014 kami berkomitmen, dia orangnya kuat, denger2 cibiran ttp g perduli, klo aku setiap denger cibiran kadang down. Ada yg bilang alaaah LDR di percaya ga bakal dia mau datang tepati janji atau segala macem perkataan yg buat ngenes tp sampe skrg inshallah kami masih LDR biarlah waktu yg akan menjawab dan jg bermohon semoga allah menjaga hub kami ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh aku kalo bisa bilang ya yang namanya cibiran itu udah kenyang banget, apalagi kalo dari sisi umur, aku dan dia kan udah usia yang menurut kebanyakan orang lebih dari pantas untuk menikah. percaya aja sama hatimu dan semoga diujung hubungan kita adalah hal yang indah

      Delete
  54. Wah luar biasa mbak..saya juga besok bakal LDR...rasanya nyesek campur aduk. LDRnya beda kota namun cukup jauh. Mungkin kami tidak akan bisa bertemu dalam hitungan tahun. Namun kami berkomitmen untuk saling menjaga hingga nanti bisa menikah. Bagian tersulitnya sekarang adala kami belum mapan dan sedang meniti karir. Doakan kami ya mbak...:')

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari kita saling mendoakan untuk yang terbaik pada hubungan kita, jangan mudah menyerah dan tergoda. belum mapan itu bukan bagian tersulitnya, bagian tersulitnya itu kalau orang-orang di sekitarmu bukannya mendukung malah mencibir. good luck

      Delete
  55. Hai Kak Leni :D
    Kak Leni langgeng terus ya sampe nikah nanti. Cerita Kak Leni persis sama yg aku alamin. Aku ga kapok-kapok buat LDR padahal diendingnya bberapa putus karena selingkuh. Teman-teman aku juga sampe bingung menurut mereka mau aja dibohongin sama hubungan LDR. Tapi Alhamdulillah, aku sekarang ngejalin hubungan dengan cowo yg sampai sekarang kita masih sama-sama mau bertahan. Aku sama dia cuman terpisah beda kota, Bogor-Cimahi. Walau mungkin jarak itu masih terbilang dekat tapi banyak cobaan yg terus ada di hubungan kami. Hubungan kita juga suka putus-nyambung, apalagi kalo udh ada orang ketiga, komunikasi ga lancar, kadang juga berantem karena kita berdua butuh perhatian lebih. Kadang aku juga masih suka ngerasa takut kegagalan yg sebelumnya keulang lagi. Tapi, mau gimanapun kami pisah, tetap aja kalo sama-sama masih sayang kita tetap bersatu lagi. Alhamdulillah hubunganku dengan dia mau jalan 4 tahun sekarang. Dan dia juga kerja keras buat cari uang demi buat ketemuan beberapa bulan. Doakan hubungan kami ya semoga hubungan kami bisa berlanjut terus sampai pernikahan. Amin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satu kunci LDR itu ya memang ketika klian berdua sama-sama berjuang dan ngejaga komitmen kalian itu. kalo salah satu gak mau berjuang sih bakal bubar. semoga cinta kalian makin kuat yaa

      Delete
    2. Iya kak, yg bikin putusnya selalu adanya orang ketiga huhu. Tapi aku cuman bisa percaya kalau dia memang komit, dia pasti yakinin diri untuk ga ngelakuin hal yang aku benci, begitupun aku. Makasih kak Leni masukannya. Kk makin langgeng terus ya sampai nikah nanti, amiiin :D

      Delete
  56. Mbak Leni, salam kenal. Aku lagi galau soal LDR akhirnya nyasar ke sini hehe semoga bisa dapet ilmunya.

    Jujur aku sendiri kurang percaya sama pasangan, karena effortnya buat menunjukkan kalau dia serius sama hubungan kami itu sedikit banget. Kami LDR gak jauh, hanya Jkt-Bdg, tapi pas aku bela-belain ke bandung, dia cuek gak mau nemuin aku dengan alasan yang macem-macem. Katanya sih pengen jemput sobatnya. Ya, ok sih gak masalah. Tapi kan aku jadi mikir yang enggak-enggak. apalagi aku pernah ada pengalaman diselingkuhin karena LDR juga. Jadi insecure. Aku gak mau jadi su'udzon gini sebenernya tapi si pacar cuek banget, effortnya utk bikin aku percaya sama dia itu loh yang bikin gemes. Oh ya kami baru sebulan LDR.

    Terus kemaren seharian dia gak kasih kabar. Aku juga sengaja gak tanya karena pengen liat kesungguhannya dia. Ternyata jam 9 malam dia baru kasih kabar dengan alasan sakit gigi jadi gak bisa pegang hape karena katanya puyeng kalo deket-deket hape. Oh, come on, menurutku kenapa dia gak kasih tau di awal sih? Aku juga tau diri kok utk gak ganggu dia. Hiks.. maaf jadi curcol..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo... salam kenal juga ya... kalian baru sebulan LDR atau baru sebulan pacaran? harusnya sih kalau misalnya baru sebulan pacaran kalian sedang mesra-mesranya tapi kalau pacaran udah lama tapi LDR baru sebulan memang bisa jadi dia agak dingin. kadang bagi orang yang gak biasa LDR itu susah banget, biasanya ketemu kapan aja, jadi perlu waktu berjam2 cuma buat ketemu. kalau yang pas kamu ke bandung itu kamu kasi tau sebelumnya atau gak? mungkin emang dia udah punya janji sama sahabatnya jadi gak enak ngebatalin demi pacar. cowokku juga gitu, dia pernah ke bali sama temen2nya dan pas di bali dia lebih sering ngabisin waktu sama temen2nya daripada sama aku, sempet kecewa sih tapi beberapa cowok memang gitu, lebih utamain temen dari pada pacar. lebih baik setiap kalian mau ketemuan itu kalian rencanain aja, jadi dia bisa ngosongin waktunya dan gak bikin janji sama temnnya. kalau yang masalah gak ada kabar, kebetulan banget cowok kita juga sama :D dia bisa seharian gak ada kabarnya, dulu waktu aku belum terbiasa sih emang ngeselin banget tapi makin ke sini aku makin gak ambil pusing lagipula aku percaya sama dia. saran aku buat kamu, lebih baik kamu omongin ke dia, kamu maunya apa, dia maunya apa, dan cari jalan tengah biar bisa sama2 bahagia dalam ngejalanin LDR ini. tanya juga komitmen dia atas hubungan kalian. kalian kan jaraknya gak jauh nih, kalian atur aja jadwal buat saling mengunjungi.

      Delete
  57. Aku ldr, sering galau2 karena sifat doi yang cuek dari awal ditambah sekarang ldr. Ldr emang bener ngajarin sabar, komitmen, dan harus ikhlas. Makasih ya kak, tulisannya menginspirasi sekali jadi semangat :3

    ReplyDelete
  58. Hai mba leni salam kenal..
    Kebetulan saat ini aku jg lagi ngalamin ldr untuk pertama x nya . Aq mkir aku ni bodoh atau ga jalanin hubgn ldr yg berbeda negara , budaya agama bahkan . Tapi kita punya perasaan yg sama . Dan qt yakin dalam beberapa tahun mgkn ga bs skrg2 ini qt bs ketemu. Wlwpn gatau kpn pastinya krna saat ini qt sm2 masih kuliah, tujuan dan pemikiran kita sama . Tp Perasaan ragu selalu ada . Tkt bosan atau kita g bs selalu tau tntg hidupny. Kira2 apa bisa ya bertahan sampai kita ketemu :( apalagi menikah gmn ya . Bikin baper lama2 .

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Nur... let it flow aja, kalau kamu cinta sama dia dan dia juga cinta sama kamu, nikmati aja itu semua sekarang. tapi kalau kamu berniat untuk serius, kamu harus mulai nyinggung masalah itu. mulai dari tanyain mau dibawa kemana hub kalian. kalau dia juga berniat serius, kalian harus mulai membahas tentang hal hal sensitif, seperti perbedaan agama.

      Delete
  59. Aaa.... Wow artikel yg bagus (y)
    Bagus bgt mba... ternyata banyak juga ya yg ldr beda negara (termasuk saya hehehe). Masih ldr mba?

    ReplyDelete
  60. Halo Kak Leni. Aku juga LDR nih. Awalnya emang takut, tapi aku akhirnya ketemu sama artikel ini. Dan sekarang baca lagi dan baru comment hehe... Aku belum lama sih kak LDRnya, baru dua mingguan, kalau ketemu udh sekitar 4,5 bulan. Ya emg takut lah kak, kalau belum pernah ngejalanin apalagi blm pernah ketemu (ketemu cuma lewat video call doang). Takutku sih kalau nanti dia cuma main-main gitu. Tapi kyknya dia beneran serius deh. Dia tiga kali bilang mau jadi pacarku, tapi aku dua kali nolak. Ya masih belum yakin aja. Tapi karena artikel ini, jadi yakin aku. Aku juga sekarang nyaman banget sama dia. Saat ini dia masih berjuang buat ke sini. Aku maunya juga bisa kerja sih (tpi ortu gabolehin suruh sekolah dulu). Oh iya kak makasih ya artikelnya bagus bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sari :) iya sama-sama sayang.. aku seneng kalau apa yang aku tulis bisa bantu orang lain. semoga kedepannya tetap bisa bersama ya walaupun ada jarak antara kalian.

      Delete
  61. Hai sis, besok tepatnya aku harus ngejalanin LDR bareng cowok aku krna demi pendidikan, cowo aku kurang percaya sama aku gra2 katnya aku egois gak mikirin dia. Tapi kami tetap mau jalanin hub itu karna sing sayang.

    ReplyDelete
  62. Hallo Sis Leni, aduh aku ngerasa campur aduk baca artikel kamu dan komentar2 diatas, ternyata aku gak sendirian :") aku kira yang ngejalanin LDR beda negara bahkan beda benua itu gak banyak, tetapi ternyata pemikiranku salah.

    aku mau sharing sedikit nih .. pacarku orang Austria dan kami udah bareng2 sekitar 4 bulanan yang lalu, ya dia gak pernah nembak sih tapi kami saling sayang. menurutku ini malah terkesan lebih dewasa karena saling sayang juga gak harus dilabelin dengan jadian. tapi aku ngerasa kami emang pacaran kok mbak. Dan ada 1 masalah yang bikin aku agak tidak nyaman, aku seorang Katholik dan dia Atheis, yang mana tidak percaya dengan Tuhan :( duh rasanyaaaaa

    aku seriiiiiiiiing banget dibikin jengkel bahkan emosi ketika cowokku disana menghilang tanpa sebab. aku disini cuma bisa nahan kangen sampai hampir nangis karena perbedaan jam yang cukup jauh, sekitar hampir 6 jam yang membuat komunikasi kami agak terganggu. dia baru menghubungi ku saat aku baru mau tidur malam, dan aku baru menghubungi dia saat dia masih terlelap. setelah itu saat dia kerja, dia tidak boleh pegang hp. jadi dalam sehari percakapan kita gak banyak, kecuali kalau dia lagi gak masuk kerja :(

    terkadang capek, bosan dan curigaan itu selalu jadi permasalahan bagi pasangan LDR ya. semoga hubungan ku dan sis Leni, juga temen2 diatas yang sama2 LDR dikuatkan dalam menjalani hubungannya, bahkan dilancarkan untuk jenjang lbh tinggi lagi.

    maaf sis kalau kepanjangan :"""""""""""""0

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo... semua yang ngejalanin LDR pertama kali pasti ngerasa hal yang serupa denganmu, aku juga awal awalnya gitu kok. sekarang aja setelah hampir 5 tahun, udah mulai gak curigaan atau ngambek karna gak dibalas chatnya. tetap semangat ya sama hubungannya, jangan mudah menyerah apalagi karna halusinasi :) tapi kalau kecurigaan kamu itu sudah jadi beban, ada baiknya kamu bicarain sama dia, jelasin apa yang kamu rasain karna cowok itu gak peka (hahahaha) diskusiin hal hal sekecil apapun sama dia.

      Delete
  63. Ldr, aku udah ngejalanin ldr Indonesia kingston selama 3 tahun, penuh dengan rintangan Dan halangan tapi aku selalu ttp berusaha faithful and believe for each other sampe kita bisa ngejalanin 3 tahun bersama dengan hanya Skype Dan saling kirim barang or make some anniversaries moment by Skype uhh sedih Mendem rasa kangen Dan kadang suka nangis sendiri klo inget itu.


    Berjuang dengan waktu suatu hari akan berakhir indah. Ldr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rizqi, thanks for sharing :) semoga ini bisa ngebantu mereka yang tengah lemah menjalani LDR biar bisa jadi kuat lagi ya.

      Delete
  64. halo kak leni, tulisannya sangat bermanfaat, apalagi untuk saya yang baru pertama kali ngejalani ldr beda negara, rasa berat ternyata padahal belum genap sebulan, masih ada 1,5tahun lagi yang harus saya jalani. terimakasin atas semangatnya, saya jadi semangat lagi abis baca yang kaka share

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai yayaa :) harus tetap semangat ya karna selain masih lama, juga masih banyak galau galau yang bakalan kamu temui di masa depan

      Delete
  65. Hai kak leni aku juga ldr nih. Hehe
    Baru pertama kali pacaran dapetnya yang jauh disana. Tapi bahagia><
    Punya wa ga kak? Siapa tau bisa minta tips ldr dari kakak😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai :) ada wa tapi aku nggak bisa kasih nomornya di sini. kalau ada kakaotalk bisa di open chatroomnya https://open.kakao.com/o/gsX8mBq nanti aku kasih wa dari sana atau bisa email aku. makasi

      Delete
  66. Ass. Saya juga lagi di LDR kak, beda pulau tapi masih diindonesia. dan mudahan kita yang LDR bisa terwujud impiannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikum salam (maaf ya kalo nulisnya salah) LDR itu mau dekat atau jauh tetep nyiksa :( selamat berjuang ya semoga selalu bahagia

      Delete
  67. aku korban LDR beda negara juga haha. aku indo dan dia thailand. karna aku dan dia sama2 gamers, jd kita selalu enjoy buat ngejalanin hubungan, yaaa walaupun b.ing kami pas2an yg penting bisa komunikasi dan dimengerti. btw artikel ini sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi Egi.. senang jika tulisan ini bermanfaat. LDR beda negara juga bisa dijadikan motivasi untuk belajar bahasa asing loh.

      Delete
  68. Subhanallah, ukhti artikelnya sangat membantu apa yg menjadi permasalahan dalam berjalannya hubungan yg jarak jauh,
    Semoga LDR membuahkan hasil yg sempurna lebih dr apa yg kita harapkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiiin.... Semoga kita semua bahagia pada akhirnya ya

      Delete

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.