Sunday, March 10, 2013

Tiga Langkah Menguasai Bahasa Korea


Semakin ke sini, sepertinya semakin banyak yang ingin mempelajari bahasa Korea. Entah itu karena pengaruh K-Wave, memang ingin bekerja di Korea atau hanya sekedar ingin menambah kemampuan berbahasa asing. Mampu menguasai bahasa asing selain bahasa Inggris dapat membuat kita mempunyai nilai tambahan saat melamar pekerjaan.


Buku dengan judul ‘Tiga langkah Menguasai Bahasa Korea’ karangan Usmi ini adalah salah satu buku yang aku suka. Pertama kali aku menemukannya di Google Book preview, dari beberapa halaman yang ditampilkan aku jatuh cinta pada isinya.

Buku ini sudah lama aku incar, sekitar setahun sepertinya. Hampir seluruh toko buku di bali yang aku ketahui sudah aku jelajahi untuk mendapatkan buku ini, tapi hasilnya nihil. Cetakan pertama buku ini pada bulan Januari 2007, terbitan PT. Gramedia Pustaka Utama.

Di beberapa toko buku online pun hanya memajang cover serta penjelasan singkat buku dan keterangan kalau buku ini sedang out of stock . huhuhu sedihnya hati ini.

Aku sempet tanya, misalnya aku tetep ngotot order bagaimana? Pihak toko buku bilang, mungkin nunggu lama karna harus ditanyakan ke penerbit trus kalau emang udah bener-bener gak ada makan akan nunggu lebih lama lagi untuk dicetak lagi. Parahnya untuk bisa dicetak, harus memenuhi jumlah minimal.

Setelah hampir putus asa, aku nemuin ada yang jual buku ini di tokobagus. Memang sih buku yang dijual itu buku bekas, tapi dari keterangan si penjual buku ini tidak ada coretan sama sekali dan kondisi masih seperti baru. Senengnya lagi, harga bukunya hanya 35.000 rupiah, sedangkan harga aslinya 79.500 rupiah.

Akhirnya setelah menunggu beberapa hari, buku ini di tangan. Gak sabar rasanya aku membuka lembar demi lembarnya. Ternyata apa yang aku bayangkan tentang isi buku ini sesuai dengan kenyataannya. Buku ini dirancang berdasarkan tiga langkah utama dalam mempelajari bahasa Korea, yaitu menulis, berbicara dan tata bahasa.

Dalam langkah pertama, kita dikenalkan bagaimana bentuk huruf Korea (한글/Hangeul), latihan menulis, susunan penulisan dan juga pelafalan. Langkah pertama ini sangat penting, karena Korea mempunyai hurufnya sendiri dan untuk bisa menguasai bahasa Korea tentu saja kita harus mengenal dan menghapal huruf Korea.


Langkah kedua yaitu melatih berbicara dalam bahasa Korea dengan ungkapan sehari-hari.  Dalam buku ini terdapat ungkapan dasar, salam, terima kasih, maaf, memperkenalkan diri, pertanyaan serta jawaban sederhana, waktu & musim, ungkapan perasaan dan masih banyak lagi. Tiap ungkapan sehari-hari yang disediakan dalam buku ini hanya dalam bentuk Hangeul dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia, jadi tidak ada cara membaca atau pelafalan huruf Hangeul-nya.


Langkah ketiga adalah mempelajari tata bahasa Korea. Bahasa Korea memiliki pola dan struktur kalimat yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Contohnya adalah bahasa Korea memiliki banyak partikel kata, diantaranya partikel yang dipergunakan untuk menandai apakah sebuah kata adalah subjek atau objek dalam kalimat. Dalam buku ini pembahasan tata bahasanya dijelaskan dengan cukup detail dan disertai beberapa latihan membuat kalimat.



Untuk mengecek apakah jawaban yang kita buat itu benar atau salah juga tinggal menengok kunci jawaban di halaman 177 buku ini.


Kesimpulannya, buku ini memang bagus untuk menunjang belajar bahasa Korea. Penjelasannya dibuat sederhana tapi tidak mengurangi maknanya. Selain itu juga kita tidak dimanjakan dengan pelafalan Hangeul hanya terjemahan ke dalam bahasa Indonesia. Buku ini aku rekomendasikan buat siapa saja yang ingin belajar bahasa Korea, walaupun untuk saat ini, mendapatkan buku ini sedikit sulit J

Detail buku:
Judul
No. ISBN
9792226184
Penulis
Usmi
Penerbit
Gramedia Pustaka Utama
Tanggal terbit
Januari 2007
Jumlah halaman
216
Jenis cover
Soft cover
Dimensi (LxP)
205mm x 275mm


12 comments:

  1. wahwah, kalo bahasa korea sih belum terlalu minat, pengnya sih menguasai bahasa perancis

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini sebenernya kalau bukan karna cinta juga belum minat belajar bhs Korea hihihi...
      kenapa pengen belajar bahasa Perancis?

      Delete
  2. wuihhh jarang2 nii... ada pelajaran gratis korea.. mantap..
    tapi kira-kira minta saiia bukan di situ gpp kan iia?!??! :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. minta saya bukan disitu? maksudnya apa ya?

      Delete
  3. Wow..
    kudu belajar, belajar, belajar NIH sista.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya belajar dengan sungguh2 ^^

      Delete
    2. Halo Leni, kalau kita berhubungan dengan orang asing, dia menjadi trigger untuk kita belajar bahasanya. Ada email yang bisa di share?

      Delete
    3. Emailku ku bisa dilihat dibsini..
      http://www.leniwijayanti.com/p/blog-page.html
      ^ㅅ^ thanks.

      Delete
  4. Replies
    1. tapi kayaknya buku ini udah gak dijual di toko buku deh :(

      Delete
  5. Replies
    1. Ini beli second di tokobagus dulu, kalo di toko buku udah gak ada kayaknya

      Delete

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.