Thursday, October 10, 2013

Miss Jumbo Lagi Diet

Aku pernah iri sama salah satu temenku, dia makan apa saja, berkali-kali lipat dari makanan yang aku makan tapi dia tetep kurus, sedangkan aku harus menjaga pola makan, sepertinya semua yang aku makan berubah menjadi lemak dan mengendap di tubuhku. Hampir semua orang di sekitarku heran padahal aku nggak makan banyak tapi gendut.

Tipe tubuh manusia ada tiga jenis, ectomorph, mesomorph dan endomorph. Tipe tubuh manusia berdasarkan keturunan, jadi kalau kamu merasa kurang puas dengan tipe tubuhmu, silahkan salahkan kedua orang tuamu hehehe…


Tipe tubuh ectomorp merupakan tipe tubuh yang ramping, memiliki sedikit masa otot dan lemak, mereka ini lah yang kalau makan sebanyak apapun tapi tetap terlihat kurus. Ukuran sendi tangan kecil, cara mengukurnya adalah lingkarkan jari tengah dengan jempol kanan pada pergelangan tangan kiri, kalau ujung jari tengah melewati jempol berarti sendi tangannya kecil.

Kalau kamu memiliki tipe tubuh ectomorph, kamu harus bersyukur karena menurut beberapa orang, tipe tubuh ini adalah yang paling sempurna. Secara alami berotot bahkan sebelum melakukan aktivitas berolah raga, ukuran sendi tangan sedang, yaitu saat ujung jari tengah dan jempol saling bersentuhan, tidak melewati.

Dan terakhir adalah tipe tubuh endomorph, punya kecenderungan menimbun lemak. Ukuran sendi besar, jadi saat dilingkarkan ujung jari tengah dan jempol tidak menyatu, ada jarak antara antara keduanya.  Susah menurutkan berat badan. Ya seperti aku ini, berat badanku gampang naik tapi susah turunnya.

Sejak aku remaja malah udah coba berbagai macam diet. Pernah ganti sarapan hanya dengan susu, lalu siangnya makan seperti biasa lalu malamnya hanya makan apel. Berhasil sih berat badanku turun tapi aku bosan dengan pola makan itu hingga akhirnya balik lagi pada pola makan sebelumnya yang sedikit berantakan.

Lalu lima tahun silam, aku mencoba diet dengan nutri shake. Nutri shake ini sebagai pengganti sarapan dan makan malam, makan biasa hanya boleh diijinkan saat siang hari. Konsumsi nutri shake ini juga dibarengi dengan beberapa pil dengan berbagai macam fungsinya.

Selama mengkonsumsi nutri shake ini, aku harus mengeluarkan uang sekitar satu juta sekian. Angka yang lumayan buatku yang saat itu masih berlabel mahasiswa. Memang harus aku akui berat badanku turun dengan drastis, sekitar 10 kilogram pada satu bulan pertama. Namun setelah masuk bulan kedua sampai bulan ke delapan beratku hanya turun 5 kilogram.

Pada bulan ke delapan ini lah aku mulai frustasi dengan metode dietku, turun yang sangat lambat dan juga mulai jenuh dengan rasa nutri shake. Rasanya yang sedikit hambar dan aneh memang tidak aku suka, walaupun orang lain bilang rasa nutri shake itu enak. Apalagi aku mulai kelabakan dengan pengeluaranku yang bocor. Dan akhirnya aku memutuskan untuk berhenti.

Pada saat awal mencoba nutri shake, si konsultan menjanjikan bahwa ketika aku stop maka berat badanku tidak akan bertambah. Namun kenyataannya beratbadanku naik dengan drastis hanya dalam waktu 2 bulan. Padahal makanku biasa, tidak kalap dan masih mencoba memadu padankan antara makanan sehat dengan makanan yang kata orang kurang sehat. Aku kehilangan 15 kilogram selama 8 bulan tapi berat badanku menjadi seperti sebelum diet dengan ektra 10 kilogram hanya dalam waktu 2 bulan.

Jadi mengkonsumsi nutri shake itu bukan membuatku mendapatkan berat badan ideal, malah membuatku mendapat tambahan 10 kilogram dari berat badanku semula. Aku tidak mau menyalahkan nutri shake yang aku konsumsi itu, aku juga tidak mau mempengaruhi mereka yang sedang mengkonsumsi nutri shake merek apapun dengan tulisan ini. Aku hanya ingin menceritakan apa yang terjadi padaku.

setelah mencoba nutri shake dan gagal, aku tidak menjalankan program diet apapun. Aku ngambek. Aku merasa bahwa diet hanya akan menyiksaku dan pada akhirnya aku bukan menjadi kurus malah mendapat tambahan lemak beberapa kilogram.

Awal tahun ini aku sempat pingin banget diet karena kedua orang tuaku terkena diabetes, maka aku punya kemungkinan besar untuk terkena diabetes juga bila tidak menjalani pola hidup sehat dari sekarang. Selain itu Ekany oppa pernah ngeledek aku dengan berkata “Miss Jumbo is eating jambu”. Itu adalah lelucon yang cukup jleb deh.

Aku mencoba dan mencoba lagi mencari metode diet yang cocok denganku, yang tidak perlu mengeluarkan uang banyak, bukan mengkonsumsi obat diet atau jamu diet dan bisa disesuaikan dengan kondisiku. Aku mencoba dengan diet karbo, tapi hanya tahan 1 minggu. Mencoba mengganti nasi beras putih dengan nasi beras merah atau hitam, tapi bertahan kurang dari sebulan. Aku menyerah lagi.

Hingga akhirnya tiga bulan lalu aku baca tentang OCD-nya Dedy Corbuzier. Seperti biasa, pro dan kontra itu selalu ada. Aku mencoba OCD ini karena cocok dengan kebiasaanku yang tidak sarapan, kalau aku sarapan, aku malah cepat lapar. Misalnya pagi jam 7 aku sarapan sereal dan susu, jam 9 sudah kelaperan lagi. Beda kalau aku tidak sarapan malah bisa tahan sampai tengah hari dan tidak pusing atau lemas.

Selain itu dengan OCD aku tidak harus mengeluarkan uang jutaan setiap bulan seperti saat aku mencoba nutri shake atau produk diet lainnya. Aku mulai ikut OCD dari akhir Agustus 2013. Selama aku menjalani OCD aku hampir tidak menemui kendala, aku tetap beraktifitas seperti biasa dan nggak lemes. Emang awalnya susah, tapi kemudian semua lebih mudah untukku dan perlahan berat badanku pun turun, hingga tulisan ini aku pubikasikan aku sudah turun 8 kilogram.

Jauh sebelum aku mengenal OCD, aku sudah pernah diajak mengikuti metode diet ini oleh salah satu tetanggaku, kalau tidak salah dia adalah calon Bhikkhuni, dia aktif dalam berbagai kegiatan di Vihara. Bagian yang berbeda dari OCD adalah, yang dia anjurkan itu tanpa jendela makan, aturannya lebih sederhana, makan seperti biasa dari pagi tapi stop makan apapun setelah jam 2 siang, hanya minum air. Setelah terbiasa lanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu berhenti makan setelah jam 12 siang.

Waktu itu aku menolak anjurannya karena membayangkan itu adalah hal yang sulit, apalagi kalau aku harus menghadiri acara yang diselenggarakan malam hari. Selain itu mungkin juga karena yang menyarankan itu bukan orang terkenal hahaha...


Sebenarnya metode diet apapun yang dijalani itu harus disesuaikan lagi dengan kondisi masing-masing, kalau bisa sih konsultasi sama dokter yang memang dipercaya. Jangan terbuai dengan janji manis para penjaja produk pelangsing. Selain itu kalau kamu memiliki tipe tubuh seperti aku, ketika sudah menjalani satu metode diet, teruskan, kalau bisa seumur hidup untuk mengindari efek yoyo seperti yang pernah aku alami saat berhenti menggunakan nutri shake.

6 comments:

  1. wah aku sama kayak eonni ^^ aku juga lagi OCD~~ ceritanya eonni keren-keren^^ salam kenal ya eonni ^^~

    ReplyDelete
    Replies
    1. @andita salam kenal juga Andita ssi.. makasI ya (^_^)

      Delete
  2. nggak usah pusing. Kan sudah ada ocd

    ReplyDelete
    Replies
    1. @yitno haha iya, gak pusing sih tapi kl lagi ke ortu dietnya jd kacau

      Delete
  3. Oh iya ya OCD ini emang aslinya diet di China ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @arif kalo kata Dedy kan dia terinspirasi dr obrolan dengan supir taxi di hongkong. Kl aslinya dr mana sih gak tau. Karna kan di amerika jg tenar nih

      Delete

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.