Tuesday, November 26, 2013

Resep ala Leni : Spicy Chicken Wings

Sejak awal bulan ini aku pingin banget makan spicy chicken feet, ngubek-ngubek google untuk cari tau tempat makan yang menyajikannya di Denpasar susahnya minta ampun. Tanya sana sini juga sama aja hasilnya nihil. Akhirnya ditengah keputusasaanku, aku bertekat akan memasaknya sendiri walaupun aku tidak memiliki track record sebagai koki handal.

Aku menemukan beberapa resep, tapi sepertinya aku harus memodifikasi kembali dengan stok bumbu masakan yang aku punya. Emang sih bumbu masakanku gak lengkap karena emang aku jarang masak. Lebih sering beli aja, selain lebih praktis dan hemat juga lebih enak hahaha… Eh kok aku ngomongin ceker ya padahal judulnya kan chicken wings aka sayap ayam. Nah begini ceritanya.. uhuk uhuk..


Pada hari eksekusi tiba, aku tidak menemukan ceker ayam di pasar karena aku kesiangan, jadi yang jualan ayam udah pada tutup. Trus saking ngilernya ngebayangin ceker ayam dimasak pedes akhirnya aku pergi ke supermarket terdekat 20 menit perjalanan dan saat itu aku belum mandi dan aku kembali kecewa karena tidak tersedianya ceker di sana. Akhirnya tak ada ceker, sayap ayam pun jadi. Let’s cooking!



Bahan:
  • 500 gram sayap ayam
  • Minyak wijen (atau minyak goreng biasa) untuk menumis
  • ½ siung bawang bombay iris tipis
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 10 cabe rawit merah cincang galus
  • 1 ruas jahe dikeprak
  • 2 sdm kecap pedas manis
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdm saos tiram
  • 2 sdm saos tomat
  • 2 sdm saos cabai extra pedas
  • 1 sdm tepung maizena dicampur air
  • 1 sdm wijen (optional)
  • Daun bawang
  • 500 ml air


Cara memasak:
Cuci bersih sayap ayam, lalu belah menjadi 3 bagian, lalu buang bagian lancip di ujungnya. 


Masak air dalam panci hingga mendidih, masukkan sayap ayam dan tunggu sekitar lima menit. Buang air didihan pertama lalu tuang air bersih ke dalam panci berisi sayam. Masak kurang lebih 15 menit dengan api sedang, lalu tiriskan dan sisihkan air kaldu ayamnya.




Masukkan minyak wijen (atau bisa diganti dengan minyak goreng yang biasa kamu pakai) ke dalam wajan. Tumis bawang bombay hingga agak transparan, masukkan bawang putih dan cabai rawit merah, tumis hingga harum. Kecilkan api kompor agar tumisan gak gosong, trus masukkan kecap manis pedas, kecap asin, saos tiram, saos cabai ekstra pedas, saos tomat dan semuanya diaduk merata. Setelah bumbu tercampur rata, masukkan rebusan sayap ayam, diaduk-aduk bentar dan tuangkan kaldu ayam secukupnya. Dimasak dengan api sedang.

Setelah kaldu ayam berkurang, masukkan air rendaman tepung maizena, atur kekentalannya, kalau aku sih menggunakan 3 sendok makan aja. Kemudian masukkan irisan daun bawang, masak sebentar dan tadaaaa spicy chicken wings udah matang.


Spicy chicken wings ini aku sajikan dengan kentang goreng sebagai pengganti nasi karena kebetulan stok berasku lagi habis, ditambah rebusan jagung manis, edamame dan wortel. Lalu di atas spicy chicken wings aku taburi wijen, tapi kalau tanpa wijen juga tetep enak kok.

Ada banyak resep spicy chicken wings, ada yang digoreng dulu trus dicambur bumbu-bumbu, ada juga yang dicampur bumbu-bumbu dulu lalu di bakar atau digoreng. Aku memilih untuk merebusnya karena lebih hemat dan juga sepertinya lebih sehat J lagipula rasanya juga tidak jauh beda antara sayap ayam direbus atau digoreng sebelum dibumbui. Kalau yang setelah dibumbui lalu digoreng atau dibakar sih aku belum pernah nyoba.


Resep ini disesuaikan dengan aku yang penyuka masakan pedas, kalau kamu gak suka masakan pedas bisa mengurangi pemakaian cabe rawit merah, kecap pedas manis bisa diganti menjadi kecap manis biasa, begitu juga dengan saos cabai ekstra pedas bisa diganti dengan saos cabai biasa.

2 comments:

  1. kirain foto pertama itu hasilnya, hihihi...
    tapi boleh juga nih dicoba resepnya~ ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya.. silahkan mencoba ya.. semoga berhasil (っ´▽`)っ ♥

      Delete

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.