Monday, December 30, 2013

Cara Agar LDR Berhasil


Hubungan jarak jauh (LDR) pasti beresiko dan siapa yang bilang LDR itu mudah? Beberapa diantara kalian mungkin ada yang sama seperti aku, berada jauh dari orang yang aku cintai. Namun bila kita mampu menyesuaikan diri, LDR tidaklah terlalu menakutkan dan bisa mulus kalian jalani sampai ke perkawinan.

Pertama, sebelum memulai LDR, pastikan dulu tujuan hubungan kalian. Waktu yang akan kalian jalani kedepannya sangat berharga, jangan sampai berakhir sia-sia pada hubungan yang tidak jelas. Ada baiknya bicarakan juga kemungkinan salah satu dari kalian pindah atau relokasi. Siapa yang memungkinkan untuk pindah mengikuti yang lainnya, pertimbangkan juga masalah keluarga dan karir. Akan sangat bagus kalau keluarga mendukung dan dari perusaan tempat kita bekerja memungkinkan kamu untuk pindah ke cabang perusahaan yang ada di kota pasangan.

Kedua, melakukan hal yang sama secara bersamaan. Jarak diantara kalian bukan penghalang untuk kalian melakukan aktifitas bersama, misalnya menonton film yang sama, lalu setelahnya membahas film tersebut bersama, bisa juga membaca buku yang sama dalam waktu bersamaan. Kalau sedang sama-sama berusaha menurunkan berat badan seperti aku, kalian bisa melakukan olah raga bersama, setelah melakukan olah raga kalian saling kirim foto, lalu berusaha mengalahkan rekor pasangan dan berlomba siapa yang terlebih dahulu mendapatkan berat badan idela. Terdengar menyenangkan kan?

Ketiga, komunikasi dengan berbagai cara. Saat ini ada begitu banyak cara untuk berkomunikasi, dari surat, sms, panggilan telepon, chatting, web cam, voice call dan email. Manfaatkan teknologi yang ada untuk saling memberi kabar sesering mungkin, ceritakan apa yang kamu alami setiap harinya, tentang kendala di sekolah/kampus/kantor atau capaian kamu hari ini.

Keempat, hindari godaan. Pikiran adalah hal yang bebas, tidak adak ada orang yang bisa atau harus mengontrolnya kecuali diri sendiri. Sering kali godaan itu datang, lawan jenis yang mencoba peruntungannya untuk mendapat perhatianmu bahkan cintamu. Tapi selama kamu masih tetap ingin dalam 1 hubungan, jarak bukanlah masalah. Tolak dengan halus godaan yang datang itu. Jaga keberadaan pasanganmu di pikiran dan hatimu.

Kelima, saling percaya dan pengertian. Saat dia ingin pergi bersama teman-temannya jangan larang dia, berikan dia waktu untuk bersama dengan teman-temannya, berikan dia kesempatan untuk bertemu orang-orang baru. Ketika kamu menjalin cinta, kamu juga berhak mengenal orang baru, menjalin persahabatan, waktumu tidak selalu harus dihabiskan dengan pasangan. Untuk itu harus ada kepercayaan diantara kalaian. Jika tidak saling percaya dan pengertian, tidak peduli apakah kalian terpisah ribuan kilometer, apakah kalian hanya dipisahkan oleh gang atau apakah kalian berbagi ranjang dengan photo perkawinan di dinding, maka hubungan kalian akan (segera) berakhir.

Keenam, bicarakan tentang masa depan. Dengan tekad kalian untuk membawa hubungan ini ke perkawinan, kalian harus membicarakan rencana masa depan kalian bersama, bagaimana kalian akan sampai pada perkawinan, cara apa saja yang akan kalian lakukan untuk membuat mimpi kalian menjadi nyata.

Ketujuh, berikan dia barang milikmu atau hadiah. Berikan sesuatu padanya, kalau bisa itu adalah barang pribadimu, misalnya liontin, kalung, cincin, baju, sweater. Bisa juga memberikan hadiah, tapi bukan sembarang hadiah, bukan hadiah yang mudah di dapat di toko, hadiah yang kamu bikin sendiri. Misalnya aku dan Ekany oppa, dia memberikanku baju kaosnya, jadi kalau aku lagi kanget banget sama dia, aku akan ‘memakaikan’ baju itu ke bantalku dan memeluknya seolah memeluk Ekany oppa, mungkin kedengerannya konyol dan sangat kekanak-kanakan tapi bagiku itu cukup untuk mengatasi rinduku padanya walaupun sesaat. Sedangkan dari aku, aku memberikannya sebuah syal hasil rajutanku sendiri, walaupun tidak sebagus kalau beli tapi hey itu buatanku dan satu-satunya di dunia ini.

Kedelapan, bicarakan tujuan hidupmu. Katakan padanya apa yang menjadi mimpimu, misalnya ingin menjadi juara 1 di kelas, mendapat beasiswa ke luar negeri atau mengincar posisi tertentu di kantor. Saling memberikan motivasi agar kalian sama-sama mendapatkan apa yang kalian inginkan.

Kesembilan, cari waktu untuk berkunjung. Suatu hubungan tidak akan berkembang bila yang kalian miliki hanya panggilan telepon, sms, chatting, web cam. Kalian tetap harus saling mengunjungi. LDR memang tidak murah, apalagi yang LDR antar negara seperti apa yang aku jalani saat ini. Perlu jutaan rupiah hanya untuk bisa saling memeluk. Saat kalian bertemu, habiskan waktu kalian berdua sebanyak yang kalian punya sebelum akhirnya jarak memisahkan kalian lagi. Jaga mood kalian selalu dalam good mood, jangan deh kalian berantem saat ketemu apalagi karena masalah sepele.

Kesepuluh, selalu ingat bahwa kalian harus menjaga komitmen dalam hubungan kalian. Jangan pernah lupakan ini, bahwa kamu bukanlah lagi jomblo yang bebas tebar pesona kanan kiri. Ada komitmen yang harus dipegang. Kalau kalian sama-sama memegang komitmen itu dengan teguh dan memang jodoh, cerita cinta kalian pasti berujung pada perkawinan. Selain itu kamu harus senantiasa berfikir positif agar menarik hal-hal positif padamu. 

Pasti kalian mikir “dih kok banyak banget ya yang harus dilakukan?” sebenernya gak sebanyak itu juga,  apalagi kalau sudah dijalanin, gak sekedar dibayangin. Sebagian besar yang aku jabarin di atas itu juga berlaku untuk pacaran normal. Kalau kamu ingin hubungan kalian berhasil, yakinlah pasti akan berhasil. Good luck!


15 comments:

  1. Saya kerap kali mempertahankannya Mbk. Namun kita selalu gagal membangunnya kembali. LDR suka susah untuk berkomunikasi, kecuali saling percaya satu sama lain. Makasih artikelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. LDR dan hubunga cinta dalam bentuk apapun harus disepakati oleh kedua pihak, kalo yg satu mau mempertahankan tapi yg satu lagi gak ya susah kalo gitu. Iya sama-sama, semoga bisa membantu

      Delete
  2. Dengan LDR, kita bisa merasakan rindu yang begitu istimewa :')

    Bisa dicoba caranya, thanks :)

    ReplyDelete
  3. Ayo yang LDR jangan selingkuh yah hehheee
    Saling percaya itulah intinya
    Nice post

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi. saling percaya dan saling bisa dipercaya ^^

      Delete
  4. sekarang sy lg ngerasain LDR, dan menurut sy LDR itu romantis dan tidak membosankan.

    ReplyDelete
  5. menurut sy LDR itu romantis dan tidak membosankan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, membosankan ato nggaknya ya tergantung kitanya juga sih

      Delete
  6. Komitmen ke masa depan itu penting, saya LDR 4 tahun akhirnya sudah menikah dah hidup bersama :)

    ReplyDelete
  7. saya sih ngek pernah LDR mbak jadi belom pernah ngerasain heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo memang gak harus LDR bagus kok, jadi gak perlu ngerasain gak enaknya LDR

      Delete
  8. Hai kak:)
    aku mau cerita dikit ya hehe, kita baru menjalani LDR sekitar 2 bulan,kita punya rencana untuk bertemu di bulan juli. untuk saat ini kita berdua kehabisan topik. terus dia lebih pilih nggak komunikasi dulu untuk beberapa minggu sampai kebosanan nya "hilang". jadi, kalo dia pilih kaya gitu sebenarnya gimana ya ka? wajar apa memang ingin pisah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai :)
      biasanya sih kita gak akan kehabisan topik kl ngobrol sama pacar, kan bisa ngebahas kegiatan hari itu apa atau bahas hal hal yang lagi happening di sekitar. aku sih malah mikirnya dia bosan LDR deh. coba aja dikomunikasiin lagi sama dia ya

      Delete

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.