Monday, May 26, 2014

Resep ala Leni: Bulgogi Deopbap

Aku lupa bagaimana awalnya, menadadak aku pingin nyobain masak bulgogi. Aku coba googling, ada begitu macam resep bulgogi. Aku coba buka satu persatu dan ada begitu banyak versi bulgogi. Aku mulai bingung, entah mana resep yang bener. Lalu aku coba tanya ke Ekany oppa. Awalnya dia nggak mau ngasi tau, alasannya sih ribet. Tapi setelah didesak dan didesak dia ngasi tau juga walaupun penjelasan dia malah bikin aku tambah pusing >.<

Jumat malem aku pergi belanja ke salah satu supermarket di Denpasar. Cari bahan masakan, udah nyerah deh mau, nggak pingin lagi masak bulgogi. Pas aku nyasar di bagian bumbu dapur import aku nemuin bulgogi marinade yang sama seperti yang biasa dipake oppa buat masak bulgogi. Ah senangnya hatiku. Ada 3 pilihan, kalbi marinade for pork (pork's rib), spicy bulgogi marinade dan bulgogi marinade. Kata oppa, marinade yang untuk daging babi itu rasanya lebih kuat untuk menyamarkan rasa amis pada daging babi.



Oppa nyaranin aku ambil yang spicy bulgogi marinade, ada gambar babi-nya jadi kemungkinan ini saos untuk daging babi. Aku kurang tau apa ini cuma saos untuk daging babi tanpa kandungan daging babi atau ada kaldu babinya. Aku sebenernya alergi daging babi dan sapi, jadi aku mau ganti pake daging ayam aja. Aku beli chicken boneless 20.000, lumayan banyak sih dapetnya. Oke, mari kita mulai memasak!

Yang akan aku masak ini adalah Bulgogi Deopbap (불고기 덮밥) Deopbap itu artinya "nasi yang ditutupi", sebenarnya ada berbagai macam versi selain bulgogi. Karena melapisi nasi maka akan lebih enak bila bulgogi dimasak dengan extra saus.

Bahan bulgogi
200 gr chicken boneless, potong memanjang ukuran 7cm x 1 cm
4 siung bawang putih, haluskan
3 cm jahe, haluskan
2 sdm kecap manis
6 sdm spicy bulgogi marinade

Bahan saos
2 sdm spicy bulgogi marinade
4 sdm air

Bahan pelengkap
1 wortel kecil, iris korek api
1 sdm wijen, sangrai
1 mangkok nasi

Cara memasak
Campurkan semua bahan bulgogi dalam wadah, aduk hingga merata, kalau bumbunya masih kurang dan nggak semua daging ayam terlapisi bumbu, bisa ditambahkan kecap atau spicy bulgogi marinade. Namun kalau kurang suka dengan rasa bumbu yang kuat bisa ditambahkan air, tapi jangan sampai kebanyakan ya biar gak terlalu encer.


Setelah tercampur merata, diamkan selama 1 jam, kalau perlu diamkan semalan di kulkas.


Kemudian masak daging ayam menggunakan wajan anti lengket atau kalau punya gunakan pemanggang.




Setelah ayam sudah setengah matang, masukkan campuran bahan saos dan irisan wortel. Tunggu beberapa saat hingga semuanya masak sempurna.


Siapkan nasi dalam mangkok (kalau nggak ada mangkok bisa juga menggunakan piring)


Tuang bulgogi beserta kuahnya lalu taburin wijen dan siap dihidangkan dalam keadaan hangat (photo dibawah ini lupa ditaburi wijen >.<).


Kalau menurutku ini rasanya enak banget, mungkin akan lebih enak kalau aku menggunakan daging merah, tapi aku masih belum siap sama reaksi alergi yang mungkin akan ditimbulkan. Kalau merasa kesulitan menemukan saos bulgogi ini atau kurang yakin sama halal atau tidak halalnya ada juga resep yang bisa dilihat disini >> http://allrecipes.com/recipe/bulgogi-korean-barbecued-beef/

맛있게 드세요~ \^o^/

No comments:

Post a Comment

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.