Saturday, October 29, 2016

5 Kuliner Khas yang harus kamu Cicipi ketika di Lampung


Traveling ke daerah-daerah Indonesia tentu menjadi pilihan utama bagi traveler yang cinta akan tanah airnya. Hamparan alam bumi khatulistiwa yang membentang luas tak habis pesonanya. Selalu saja ada hal indah baru yang ditemui dari belasan ribu tempat di Indonesia. 

Dari belasan ribu tempat yang ada di Indonesia, ada mutiara tersembunyi di bagian baratnya yang biasa orang mengenalnya sebagai Lampung.  Tidak hanya potensi wisatanya yang sedang naik daun seperti Pulau Pahawang, Teluk Kiluan, Teluk Lampung, dan Pesisir Barat, kuliner dari Lampung juga semakin diminati oleh wisatawan. Kedua hal ini juga turut ditunjang dengan akses transportasi yang mudah untuk menuju lampung. 

Jika memutuskan untuk menggunakan pesawat, Anda hanya perlu menghabiskan waktu perjalanan sekitar 20 sampai 40 menit saja. Untuk tiketnya bisa pesan Airasia lewat traveloka. Biasanya jika pesan di OTA (Onlinet Travel Agent) apalagi jika menggunakan mobile apps, banyak potongan harga yang didapatkan. Jika sudah pesan, kini saatnya mengintip kuliner apa saja yang recommended untuk kamu cicipi saat traveling ke Lampung, check this out!


1. Tempoyak
Salah satu kuliner khas Lampung adalah tempoyak. Kuliner ini terbuat dari durian yang difermentasikan sehingga memiliki rasa dan aroma yang khas. Proses fermentasi durian yaitu dengan memisahkan daging durian dengan bijinya, kemudian daging durian ditambah sedikit cabe dan juga garam kemdian ditutup rapat dan disimpan selam kurang lebih lima hari. Biasanya tempoyak dijadikan sambal oleh masyarakat Lampung dan disantap dengan ikan.  

Sumber : budaya-indonesia.org

2. Gulai Taboh
Jika gulai identic dengan daging, berbeda dengan gulai yang satu ini. Gulai taboh merupakan gulai yang terbuat dari campuran udang, ubi, jagung, kacang panjang, santan, dan daun kemangi. Yang membuat unik dari masakan ini adalah campuran kacang – kacangannya. Namun, ada beberapa tempat makan yang tidak saklek membuat gulai taboh dengan bahan – bahan tersebut. Terkadang udang bisa diganti dengan ikan, atau sayur – sayuran yang ada ditambah dengan labu kuning dan daun melinjo.

Sumber : jitunews.com


3. Kemplang
Kerupuk kemplang adalah oleh – oleh khas Lampung yang dilengkapi dengan sambal pedas. Cemilan ini terbuat dari ikan yang digiling, serta tambahan tepung tapioka dan garam. Harganya berkisar dari Rp7.000 – Rp24.000,  sangat terjangkau bukan dan pasti membuat anda pasti ingin memborongnya sebagai buah tangan untuk diberikan kepada tetangga atau sebagai cemilan ringan di rumah. 

4. Seruit
Jika sudah mencicipi tempoyak jangan lupa mencicipi kuliner yang satu ini. Seruit merupakan makanan yang terdiri dari Tempoyak, Ikan gabus bakar, Lalapan (ketimun, labu siam rebus, daun – daunan segar, dan terong lurik muda) yang disantap dengan nasi putih. Keunikan dari seruit dalah sajian tempoyaknya yang asli dan khas lampung. Makanan ini sangat cocok untuk Anda penikmat kuliner pedas mengingat rasanya yang pedas dan nendang!

Sumber : lifestyle.liputan6.com

5. Kopi Lampung
Bagi Anda penikmat kopi, rasanya tak lengkap jika ke Lampung tidak mencicipi Kopi Lampung. Pasalnya, kopi Lampung memiliki aroma dan rasa yang begitu kuat. Kopi Lampung ini banyak tersedia dan dijual di daerah Kabupaten Tanggamus dan Lampung Barat. Harga kopi lampung sachet cukup terjangkau. Untuk 1 box berisi 5 sachetnya, Anda cukup merogoh kantong sebesar Rp25.000, Sedangkan jika anda ingin langsung membeli per box yang dijual 100 gr, Anda hanya perlu merogoh uang sebesar Rp30.000 rupiah saja.

Selain Kopi Lampung, tersedia juga kopi durian khas Lampung. Kopi ini merupakan varian dan inovasi terbaru. Yakni campuran kopi dengan ekstrak durian. Rasa dan aroma durian yang kuat berpadu dengan aroma kopi yang juga tak kalah harum dan nikmat akan menciptakan sensasi berbeda di lidah. Kopi durian ini juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh atau buah tangan. 

Itulah 5 kuliner khas yang harus kamu cicipi saat traveling ke Lampung. Jangan lupa juga untuk jadikan kuliner khas tersebut sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta. Indonesia, selalu saja kutemui keindahanmu mulai dari wisata, sejarah, budaya dan kulinernya. Selamat mencicipi dan have a nice trip!

No comments:

Post a Comment

Feel free to SHARE this post with friends and family on your social media.

Don't forget to leave your thoughts in the comments section, I would love to hear from you :)

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.