Wednesday, October 25, 2017

Jelajah Gunung Batur, Pesona Gunung Api Aktif di Pulau Bali


via.interfacelift.com


Tidak hanya memiliki pantai yang indah, Pulau Bali juga punya gunung-gunung yang cantik memesona. Salah satunya adalah Gunung Batur, yang merupakan satu dari dua gunung berapi aktif di Pulau Bali.

Dari angkasa, gunung ini nampak seperti sebuah mangkuk berukuran raksasa. Dengan danau hasil letusan vulkanik di sekitar kaki gunung, yang membuatnya terlihat amat cantik. Tidak heran kalau Gunung Batur menjadi tempat wisata di Bali yang jadi favorit banyak turis.

Diapit Dua Kaldera

Gunung Batur diapit oleh dua kaldera berukuran raksasa, dan menjadi salah satu kaldera terbesar di dunia. Salah satu kalderanya berupa danau yang berbentuk bulan sabit dan dikenal  sebagai Danau Batur yang indah.

Sementara di sisi lainnya, terdapat Danau Kintamani yang luas dan cantik. Tergantung dari mana kamu mengunjungi Gunung Batur, keindahan yang akan kamu dapatkan pun berbeda.

via. jdih.bangilkab.go.id

Trunyan

Pemakaman tradisional Bali ini unik karena cara memakamkan jenazah yang unik. Berbeda dengan masyarakat Hindu Bali lain yang memakamkan jenazah dengan cara dikremasi atau disebut dengan istilah ngaben, tidak demikian dengan masyarakat Trunyan.

Di tempat ini, jenazah dimakamkan dengan cara diletakkan begitu saja. Namun karena ada sebuah zat yang terkandung di dalam gua Trunyan, membuat jenazah tidak berbau menusuk.

Menurut masyarakat Hindu Bali, penduduk Trunyan adalah masyarakat Hindu warisan dari Kerajaan Majapahit.  Karena itu cara pemakaman penduduknya berbeda dari masyarakat Bali kebanyakan.
Karena jenazah yang meninggal diletakkan begitu saja di bawah pohon, di Trunyan ada banyak kerangka manusia yang berjajar rapi. Meski terdengar ngeri, namun justru inilah sisi menarik dari pemakaman Trunyan yang tidak akan kamu temui di tempat wisata di Bali lainnya.
via. mybalikintamani.com

Pemandian Air Panas Toya Bungkah

Tidak hanya memiliki danau-danau indah, Gunung Batur juga memiliki Pemandian Air Panas Toya Bungkah yang sumbernya didapatkan dari magma yang sampai sekarang masih aktif. Letak sumber air yang dekat dengan magma gunung membuat air yang naik ke permukaan jadi hangat dan sumber air ini kemudian dimanfaatkan penduduk sekitar sebagai pemandian dan kemudian jadi salah satu tempat wisata di Bali yang jadi andalan.

Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur adalah salah satu yang paling indah dan megah di Pulau Bali. Pura ini terletak di Danu Batur yang menghadap langsung ke gunung. Pemandangan pagi dan sore dari Pura Ulun Danu Batur amat indah, terlebih ketika matahari terbenam dan memancarkan sinar keemasan di sekitar Pura. Cantik luar biasa.

via. inputbali.com

Pura Puncak Penulisan

Di sisi lain Gunung Batur terdapat Pura Puncak Penulisan yang tak kalah megahnya dengan Pura Ulun Danau Batur. Sehari-hari, Pura ini menjadi tempat ibadah bagi masyarakat setempat dan juga banyak dikunjungi wisatawan.

Museum Geopark

Ingin mengetahui bagaimana sejarah letusan Gunung Batur yang terjadi berkali-kali? Museum Geopark Gunung Batur adalah tempat terbaik untuk mengetahuinya. Di museum ini tersimpan berbagai peninggalan dari letusan Gunung Batur sejak masa puluhan tahun lalu.

via. geomagz.geologi.esdm.go.id


Pura Toya Bungkah Kintamani

Pura Toya Bungkah berdiri tak jauh dari sisa letusan Gunung Batur dan masih tertutup oleh sisa erupsi. Namun Pura ini masih menjadi jujugan tempat ibadah masyarakat setempat dan juga jadi tempat wisata di sekitar Gunung Batur.


Selain menjadi tempat beribadah, Pura Toya Bungkah Kintamani ini juga menjadi titik pendakian ke Gunung Batur.

Bagiamana? Berlibur ke Pulau Bali tidak melulu tentang pantai kan? Wisata Gunung Batur juga bisa dijadikan alternatif apabila kamu ingin menikmati keindahan Pulau Bali dari sudut yang berbeda. Nah mungkin ini saatnya untuk mengatur jadwal liburan kalian selanjutnya, kemudian memesan tiket pesawat dan juga penginapan serta menyiapkan segala hal untuk menjelajah sisi lain Pulau Bali.

Tuesday, September 19, 2017

Pengaruh Film Gore terhadap Psikologis Penontonnya


Hai semua, sekarang aku mau ngomongin salah satu genre film favorite aku, yaitu film gore. Film gore adalah jenis film yang menampilkan adegan kekerasan, penuh darah, biasanya berkisah tentang psikopat yang ngejagalin korbannya tanpa perasaan dengan penuh penyiksaan. Contoh film gore diantara Grotesque, Hostel, Saw atau yang dari Indonesia ada film Rumah Dara.

Saturday, September 16, 2017

Sajian Utama Itu Berjudul Grotesque


Kamu adalah pecinta film gore dan slasher? Artinya kamu sudah biasa dong dengan film seperti Saw, Wolf Creek, Human Centipede atau Hostel. Bagaimana dengan film Grotesque karya Koji Shiraishi? Jika kamu belum menontonnya maka kamu harus memasukkan film ini ke dalam daftar film yang harus kamu tonton. Setelah menonton Grotesque kamu akan merasa sudah naik level sebagai pecinta film gore dan slasher karna apa yang disajikan dalam film keempat film yang aku sebutkan sebelumnya tidak ada apa-apanya.

Wednesday, September 06, 2017

Tebing

Tebing Trolltunga

Pada suatu masa, di sebuah hutan hiduplah seekor kelinci abu-abu. Kelinci itu tinggal di atas tebing. Entah sejak kapan. Setiap hari dia hanya duduk sambil memandangi langit hingga dia terpukau  pada sebentuk awan. Kelinci itu berharap suatu saat angin akan menghembuskan awan itu ke arahnya sehingga dia bisa meloncat ke atas awan itu dan bisa hidup bahagia di atasnya.

Tuesday, July 11, 2017

Lima Film yang Bikin Aku Ngerasa Mual Setelah Menontonnya

Kali ini aku ingin berbagi pada kamu mengenai film paling bikin mual yang pernah aku tonton, mungkin bukan yang terbaik di kelasnya, beberapa malah ada yang banyak mendapat kritik negatif. Awalnya aku ingin menuliskan review film tersebut satu judul film dalam satu post, namun film film tersebut bukanlah film baru dan sepertinya sudah terlalu basi untuk nulis ulasannya sekarang.

Seberapa bikin mualnya film yang akan aku bahas di bawah ini akan tergantung kepada masing-masing orang. Ada yang hanya melihat segores darah saja sudah pingsan tapi ada juga yang baik-baik saja walaupun film itu penuh dengan darah. Film-film berikut ini adalah film dewasa yang tidak boleh sama sekali di tonton oleh anak kecil, bahkan apabila orang dewasa namun cenderung mudah merasa trauma dan tidak siap mental juga disarankan untuk tidak menonton film-film ini.

Sunday, June 11, 2017

Menyikapi Pertanyaan "Kapan?"


Pertanyaan “kapan” seolah menjadi pertanyaan yang tidak akan pernah ada habisnya. Pertanyaan “kapan” biasanya dimulai saat semester akhir perkuliahan. “Kapan lulus?” kemudian berlanjut dengan “Kapan kerja?” lalu menjadi “Kapan menikah?”, “Kapan punya anak?”, “Kapan nambah anak?” dan kapan kapan lainnya. Mungkin hanya satu yang tidak berani ditanyakan “Kapan mati?”.

Friday, June 09, 2017

Lima Film Plot Twist Terfavorit

Film dengan plot twist adalah film dengan alur cerita (plot) yang berubah secara mendadak sehingga akhir dari film itu tidak tertebak oleh penonton. Film dengan plot twist dari jenis film apapun akan selalu memukau untuk ditonton. Bahkan bisa aku bilang ada kepuasan tersendiri saat aku "ditipu" oleh suatu film. Terkadang begitu film tersebut berakhir ada keinginan untuk menonton ulang hanya sekedar memperhatikan tiap detailnya dan mengetahui letak tipuannya. Kali ini aku akan menuliskan lima film dengan plot twist terfavorit yang pernah aku tonton. Walaupun tulisan ini tidak bebas spoiler namun buat kamu yang membenci spoiler aku sudah menyembunyikannya. Jadi apabila kalian tidak ingin membaca sinopsis dan dimana letak plot twistnya, disarankan untuk tidak mengklik spoilernya dan hanya membaca keterangan film dan pendapat singkatku tentang film tersebut.

Sunday, June 04, 2017

Nasi Oats Itu Enak Nggak Sih?


Selamat hari Minggu! Selamat hari bermalas-malasan. Yup buat aku hari Minggu adalah hari bermalas-malasan, apalagi saat liat Milo yang seharian juga hanya makan tidur poop dan peep ternyata ngefek ngebikin rasa malas itu kian menjunjung tinggi ke angkasa.

Thursday, June 01, 2017

Setangkai Mawar

source
Mimpi ku dan kamu itu ibarat setangkai mawar yang aku jumpai di suatu kebun. Bunga mawar yang mungkin bukanlah yang terindah. Tapi aku tetap terpesona hingga tanpa sadar aku ingin memiliki bunga mawar itu.

Sunday, March 12, 2017

Sudah Jauh, Tertimpa Rindu, Ditikung Pula

Belakangan ini lagi heboh sebuah cerita mengenai seorang perempuan yang tengah menjalani LDR selama 7 tahun namun kemudian perempuan ini meninggalkan si pacar karena dilamar oleh seorang anak politisi ternama. Pasti pada tau kan ceritanya? Kalau nggak tau mending googling dulu baru lanjut baca ini karna aku nggak akan menuliskan secara detail kisah kontroversi mereka.
https://www.pinterest.com/pin/413346072031943624/
Sebagai seorang perempuan kita pasti dong butuh kepastian, mau dibawa kemana sih hubungan yang menyiksa ini, jangan sampai sudah lama tersakiti karna rindu eh nggak jelas juga juntrungannya. Setidaknya perempuan itu perlu pasangannya untuk mengatakan kita akan menikah walaupun tidak sekarang atau dalam waktu dekat.

Saturday, January 21, 2017

[Film Review] 12 Angry Men 1957

Berbeda dengan di Indonesia, di Amerika setiap orang yang dituduh melakukan kejahatan dengan acaman hukuman di atas enam bulan memperoleh hak konstitusional untuk mendapat pengadilan oleh juri. Juri biasanya terdiri dari 12 orang dan kebanyakan negara bagian menghendaki keputusan bulat dari para juri. Kali ini aku tidak akan membahas secara mendetail mengenai sistem peradilan di Amerika Serikat, namun aku akan membahas film lawas yang mengambil tema ini.

Friday, January 20, 2017

Mengulas Film


Nonton film adalah caraku untuk melepaskan rasa bosan dan menghibur diri sendiri. Aku hampir nggak pernah nonton di bioskop, lebih suka nonton di rumah sendirian. Sebagian besar film yang aku tonton adalah film horror thriller. Semakin menyeramkan maka akan semakin aku ngerasa terpuaskan. Bahkan terkadang ketika film horror tak lagi semenyeramkan kata orang, aku beralih pada film bertema kekerasan yang cukup vulgar, hampir tanpa sensor.

Thursday, January 19, 2017

In(ternet) Relationship

www.arstechnica.com
Apa yang lebih dianggap aneh oleh orang-orang selain LDR? Yaitu cyber love atau jatuh cinta lalu berpacaran dengan seseorang yang hanya bertemu di internet tanpa pernah bertatap muka langsung. Sama halnya dengan LDR, bagi sebagian orang, mereka yang asik dengan kehidupan cinta dunia cyber ini adalah orang yang hidup di dufan alian dunia fantasi.

Panduan LDR untuk Pemula


Kalau Mario Teguh katanya punya love expert yaitu istrinya, boleh dong ya aku ngaku jadi LDR expert karna jam terbang tinggi di dunia perLDRan. Kalau diakumulasiin aku sudah LDR sekitar 9 tahun. Ini bukan suatu prestasi yang sebenarnya aku ingin banggakan karena kalau boleh milih sih aku maunya jatuh cinta sama tetangga aja tapi apa daya selama 9 tahun dengan 3 orang jaraknya makin lama makin panjang. Dari yang hanya 300an kilometer, kemudian 2.000an kilometer dan sekarang 5.000an kilometer.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Copyright leniwijayanti.com. Powered by Blogger.